10 Manfaat Mengenalkan Murottal Untuk Janin

4
623

Menurut penelitian, memperdengarkan musik klasik kepada janin di dalam kandungan dapat mempengaruhi kecerdasan otak buah hati. Namun, sebagai orang Muslim, alangkah lebih baik jika si kecil mulai diperkenalkan dengan Al Quran sejak dini. Yaitu memperdengarkan murottal untuk janin dalam kandungan.

Seperti diketahui, memperdengarkan murottal pada janin sangat banyak manfaatnya. Berikut manfaat yang bisa dirasakan:

Mampu menenangkan janin

Penelitian lebih lanjut, janin berusia 48 minggu bisa memberikan respon senyuman ketika diperdengarkan lantunan ayat suci Al Quran di dalam kandungan. Bayi yang merasakan ketenangan dan selalu gembira, perkembangannya akan lebih maksimal.

Mengurangi stres saat kehamilan

Tidak bisa dipungkiri, ibu yang sedang hamil akan lebih cepat stres, uring – uringan dan emosi tak stabil. Mendengarkan murotal saat hamil dapat menjaga ketenangan jiwa sang ibu. Terutama untuk menekan hormon kortisol sehingga ibu hamil akan merasa lebih rileks.

Menghilangkan ketakutan dan kegelisahan

Ada banyak perasaan yang dialami oleh ibu hamil. Termasuk pikiran tentang menjalani persalinan dan sebagainya. Untuk menghindari kegelisahan yang berlebihan, sering-seringlah mendengarkan Al Quran atau murottal agar merasa lebih tenang.

Stimulasi perkembangan otak janin

Otak janin akan berkembang 10 kali lipat lebih optimal saat diperdengarkan murottal atau ayat suci Al Quran. Bahkan, tidak heran jika saat usia balita, anak akan lebih mudah menghafal Al Quran.

Meningkatkan kecerdasan janin

Kecerdasan otak janin dipengaruhi berbagai hal. Tetapi, salah satunya adalah mendengarkan ayat suci Al Quran yang luar biasa. Termasuk, meningkatkan kecerdasan emosi dan psikis bayi.

Memudahkan persalinan sang ibu

Sering mendengarkan murotal atau lantunan ayat suci Al Quran, sang ibu akan merasa lebih percaya diri dan yakin dengan kemampuan dirinya untuk melakukan proses bersalin. Seringkali, karena merasa stres atau takut, ibu jadi sulit dan susah menjalani proses pembukaan persalinan.

Teruslah mengingat Alloh agar hati menjadi tenang. Sekalipun dalam masa – masa penantian persalinan, sang calon ibu harus selalu bahagia, tenang, dan rileks.

Kebiasaan mendengarkan Al Quran terbukti berdampak positif untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Bayi memiliki daya memori atau ingatan yang lebih tajam dan kuat dibandingkan yang tidak diperdengarkan Al Quran. Selain itu, bayi juga memiliki kemampuan berbahasa yang baik, termasuk perkembangan fisik dan emosinya.

Al Quran sendiri yang dibaca dengan suara merdu dan nyaring menimbulkan frekuensi dan gelombang suara yang panjang. Frekuensi inilah yang dipancarkan ke otak dan mempengaruhi suatu senyawa – senyawa otak yang menghasilkan perasaan gembira, tenang, dan kedamaian.

Mulailah mengenalkan murottal untuk janin sejak usia kehamilan masih trimester awal atau minggu – minggu awal. Semoga ibu dan calon bayi selalu sehat ya.

4 COMMENTS