10 Tips Aman Bermain Gadget untuk Anak

2
430

Perkembangan teknologi, membuat segala kebutuhan manusia dirancang semakin canggih. Begitupun dengan berbagai keperluan anak, termasuk mainan anak-anak. Mainan-mainan digital bahkan gadget yang mendukung konten audio-visual tentu menjadi salah satu mainan favorit bagi anak.

Namun, tak sedikit orangtua yang khawatir terhadap kesehatan anak, khususnya kesehatan mata. Jika terus-menerus terpapar layar gadget demi menonton video favorit mereka atau bermain games. Memang, terlalu lama menatap layar gadget dapat menyebabkan kelelahan mata (astenopia) dan bahkan rabun jauh (miopia).

Oleh sebab itu, ada aturan dalam menggunakan gadget apalagi untuk si Kecil. Simak tips aman bermain gadget berikut ini:

  1. Batasi penggunaannya. Berlebihan menatap layar pada gadget, dapat menyebabkan kelelahan pada mata. Ayah dan Bunda perlu memberikan batas waktu maksimal penggunaan gadget pada anak. Menurut beberapa ahli kesehatan, 2 jam per hari merupakan batas waktu maksimal anak-anak menatap layar gadget.
  2. Sebaiknya penggunaan gadget tidak dilakukan sekali waktu. Misalnya, 30 menit menatap layar gadget, 30 menit aktivitas lainnya atau beristirahat. Saat melakukan aktivitas lain atau istirahat, fokuskan anak untuk melihat objek jauh (jarak lebih dari 5 meter) agar reflek mata tetap terlatih.
  3. Imbangi dengan aktivitas fisik. Ayah dan Bunda perlu memilihkan konten yang tidak hanya dapat ditonton dan didengar oleh anak-anak. Gadget dengan konten interaktif dan menuntut anak untuk tetap menggerakan fisik mereka tentu lebih baik.
  4. Hindari menggunakan gadget sambil tiduran.
  5. Atur jarak antara layar gadget dan mata anak. Jarak yang baik sekitar 30-40 cm. Sedangkan saat menyaksikan televisi, jarak aman untuk mata anak sekitar 4-5X diagonal televisi.
  6. Atur posisi mata dan layar gadget. Usahakan agar posisi gadget lebih rendah dari posisi mata dengan membentuk sudut 15°. Sehingga cahaya dari layar gadget tidak langsung terpapar pada mata.
  7. Atur cahaya pada gadget agar tidak terlalu terang. Karena pencahayaan yang terlalu terang dapat mempercepat mata lelah.
  8. Atur cahaya ruangan. Cahaya yang terlalu redup atau terlalu terang pada ruangan di mana anak-anak bermain gadget turut mempengaruhi kelelahan pada mata.
  9. Jangan lupa untuk ingatkan anak berkedip secara teratur untuk menghindari mata kering. Kadang, terlalu asik menatap layar gadget membuat refleks berkedip akan berkurang.
  10. Berikan sayur dan buah yang baik untuk kesehatan mata si Kecil.

Tips di atas tidak hanya bermanfaat untuk si Kecil lho. Ayah dan Bunda pun bisa mempraktikannya sebagai ikhtiar menjaga mata agar tetap sehat.

 

2 COMMENTS