12 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Saat Mudik Bersama Si Kecil

1
177

Usai menunaikan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan penuh, hadirnya Idul Fitri merupakan momentum yang ditunggu-tunggu untuk berkumpul bersama keluarga.

Sudah lazim jika mayoritas memanfaatkan kesempatan ini untuk mudik ke kampung halaman, bersilaturahmi dengan keluarga dan sanak saudara ataupun berlibur sejenak untuk menjauh dari hiruk pikuk kehidupan di perkotaan.

Supaya perjalanan selama mudik berlangsung dengan lancar, ini 12 hal yang perlu Ayah dan Bunda persiapkan agar acara bepergian bersama si buah hati menyenangkan.

1. Membawa baju ganti

Menyiapkan pakaian untuk si buah hati merupakan yang utama, mulai dari pakaian dalam, atasan, bawahan, jaket hingga kaus kaki. Jika buah hati kita senang beraktivitas dan mudah berkeringat, pastikan untuk membawa atasan seperti t-shirt dengan jumlah yang cukup banyak. Yang terpenting kita membawa persediaan sesuai kebutuhan dan menyesuaikan dengan kondisi cuaca

2. Camilan dan bekal makanan

Sebelum berangkat bepergian sebaiknya memberikan makanan yang mengenyangkan terlebih dahulu kepada buah hati kita agar saat memulai perjalanan anak tidak rewel. Jika anak merasa lapar cukup berikan camilan yang bergizi seperti biskuit, roti atau buah-buahan kesukaannya.

3. Minuman dan susu

Jangan lupa membawa persediaan minum yang banyak seperti air mineral. Sebagai tambahan Ayah dan Bunda dapat membawa persediaan susu agar si anak lebih mudah kenyang dan mempermudah untuk beristirahat dalam perjalanan.

4. Mainan

Perjalanan jauh seringkali diri membuat diri kita selalu bersiap dengan kondisi macet, situasi tersebut dapat membuat si buah hati cepat merasa bosan. Triknya supaya perjalanan tetap mengasyikkan, jangan lupa membawa mainan favoritnya seperti boneka, squishy dan mainan action figur.

5. Sediakan bantal dan selimut kesayangannya

Perjalanan jauh tentu akan membuat buah hati kita lebih mudah merasa lelah, bawalah bantal dan selimut kesayangannya untuk menemaninya tidur dan beristirahat.

6. Siapkan popok atau diapers

Bagi Bunda yang memiliki balita, dalam perjalanan seringkali kesulitan menemukan rest area atau pom bensin jika buah hati ingin ke toilet. Supaya lebih praktis, kenakan popok atau diapers selama perjalanan. Disamping itu akan lebih higienis karena dapat dibuang setelah pemakaian.

7. Obat-obatan Pribadi

Terkadang rasa sakit datang tiba-tiba seperti pusing, mual, masuk angin, mabuk perjalanan ataupun demam. Supaya perjalanan aman, selalu siapkan obat-obatan pribadi. termasuk  minyak kayu putih yang membuat kondisi badan buah hati kita senantiasa hangat.

8. Stroller

Jika memiliki balita membawa stroller sangat penting, selain memberikan kenyamanan untuk anak akan memudahkan Ayah dan Bunda ketika bepergian.

9. Perlengkapan mandi

Sediakan selalu perlengkapan mandi mulai dari sabun, sampo, sikat gigi dan odol. Termasuk perlengkapan yang digunakan usai mandi seperti handuk, bedak, minyak telon, baby cologne sampai dengan tissu basah untuk membuat kondisi buah hati senantiasa merasa segar dan bersih

10. Kantong Plastik

Bawalah kantong plastik secukupnya untuk berbagai keperluan, mulai dari menyimpan barang, makanan ataupun membuang sampah selama perjalanan.

11. Baby Carseat

Ini optional dan tidak wajib, tetapi jika bunda memilikinya akan membuat buah hati dapat duduk dengan nyaman di atas kursi yang sesuai dengan ukurannya.

11. Tas berukuran besar

Kita perlu membawa tas khusus berukuran besar yang isinya  membawa seluruh keperluan yang sudah tercantum di atas untuk memudahkan Ayah dan Bunda.

Semoga perjalanan mudikmu berjalan lancar ya Ayah dan Bunda!