Lakukan Hal Ini Saat Anak Batita Menjadi Kakak

3
1451

Rasa sayang pada adik tidak muncul dengan sendirinya, apalagi jika sang kakak masih berusia batita di mana pada usia tersebut anak masih cenderungĀ  egois sehingga perasaan tersebut perlu ditumbuhkan dan dilatih.

Saat adik lahir, harapan Bunda tentu ingin kakak menyayangi adiknya sepenuh hati. Sang kakak juga harus memahami bahwa adik memerlukan kebutuhan yang berbeda dengan dirinya. Tidak jarang, orangtua sering memaksa kakak untuk mengalah dan merelakan orangtuanya fokus pada sang adik. Faktanya harapan itu kadang tidak terwujud. Kakak bukannya menunjukkan rasa sayang tetapi malah bersikap memusuhi adiknya.

Tidak munculnya rasa sayang dari kakak kepada adik bukan sepenuhnya kesalahan kakak tetapi orangtualah yang merupakan sumbernya. Bunda mungkin terlalu menuntut tanggung jawab berlebih pada kakak padahal usianya masih batita.

Meminta anak memahami bahwa Bunda sedang sibuk mengurus adik tentu tidak dapat diterima batita karena pola pikirnya yang masih sangat terbatas. Ia cenderung masih melihat segala sesuatunya dari sudut pandang dirinya sendiri. Batita masih ingin bebas dan tidak ingin dibebani, termasuk dengan kehadiran adik barunya.

Sikap permusuhannya itu juga mungkin muncul karena rasa cemburu. Batita beranggapan bahwa Bunda lebih berpihak pada adik daripada dirinya. Karena kesal, ia pun tidak peduli dengan sang adik sehingga seolah tidak menyayangi adiknya. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Bunda lakukan agar kakak lebih sayang dengan adiknya.

Jangan lelah untuk membuat ia mengerti dan mengingatkan

Bunda perlu mempersiapkan mentalnya, melatihnya, dan memberi contoh yang baik. Jika ini dapat dilakukan dengan baik, maka anak akan memahami kenapa ia harus sayang dengan adiknya. Namun tidak mustahil jika kakak tetap belum mau menerima dan seolah tidak sayang dengan adiknya seperti berlaku kasar. Biasanya dengan sedikit menanamkan rasa sayang maka kakak akan kembali sayang pada adiknya.

Bunda hanya perlu sabar untuk terus mengulang setiap kali kakak menunjukan rasa tidak sukanya atau cemburunya kepada si adik. Selalu ingatkan bahwa si adik butuh kasih sayang kakak.

Libatkan Ayah

Jika kakak terlalu sering menyakiti adiknya, pengarahan yang Bunda berikan dulu mungkin belum mampu diserap oleh anak dengan baik. Beri tugas pada Ayah agar lebih fokus pada kakak. Ini agar si kakak tetap merasa mendapat kasih sayang dan tetap merasa diperhatikan.

 

3 COMMENTS