4 Masalah Kesehatan yang Menyerang Saat Berpuasa, Jangan Khawatir Ini Solusinya!

0
27

Aktivitas puasa yang dijalankan umat Islam akan dengan sendirinya mengubah pola makan, pola istirahat, dan aktivitas yang dilakukan. Sehingga masalah kesehatan sangat wajar timbul saat sedang berpuasa.

Tidak perlu khawatir, disini kami akan membagikan berbagai masalah yang mungkin muncul beserta solusi yang bisa dilakukan.

Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

1. Gangguan pencernaan

Jika merasakan perih selama berpuasa, ini terjadi karena saat berpuasa lambung dalam keadaan kosong. Hal ini membuat produksi asam lambung meningkat dan akhirnya membuat perut terasa sakit dan perih.

Saat sedang berpuasa sangat disarankan untuk mengonsumsi obat yang dapat mengatasi gangguan pencernaan, Anda bisa mengonsumsi obat tersebut di waktu sahur. Hal lain yang perlu dilakukan adalah kurangi mengonsumsi makanan pedas dan berminyak serta kurangi asupan kafein dan tinggalkan merokok.

2. Sakit kepala

Ada banyak sekali penyebab yang membuat kepala sakit saat sedang berpuasa, bisa dikarenakan kelaparan, waktu istirahat yang kurang, atau dehidrasi.

Ini bisa diatasi dengan lebih banyak mengonsumsi sayuran dan menjalankan diet yang seimbang. Jangan lupa untuk mengonsumsi parasetamol untuk mencegah sakit kepala selama berpuasa.

Jangan lupa untuk menggunakan topi saat keluar rumah dan menghindari diri dari paparan sinar matahari langsung.

3. Dehidrasi

Dehidrasi sangat rentan terjadi saat tubuh kita kekurangan air dan garam selama beraktivitas di bulam puasa.

Saat sahur dan berbuka sebaiknya kita cukup minum air putih agar resiko dehidrasi berkurang. Jangan minum air yang manis. Ini justru bisa membuat kita merasa kenyang dan akhirnya tidak bisa minum air putih lagi.

Saat berpuasa sebaiknya hindari aktivitas yang terlalu berat dan jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang menyerap keringat saat beraktivitas.

4. Sembelit

Masalah kesehatan yang satu ini masih berkaitan dengan pembahasan yang baru disampaikan di atas. Di mana kekurangan asupan air putih dan aktivitas fisik yang kurang membuat masalah sembelit mudah timbul di bulan puasa.

Cara mencegahnya sangat sederhana. Kita perlu memperbanyak minum air putih, lebih banyak mengonsumsi makanan yang berserat, dan berolahraga secara teratur.

Masalah-masalah di atas tentu sangat mengganggu aktivitas puasa di bulan Ramadhan. Tindakan pencegahan sebaiknya segera dilakukan agar aktivitas berpuasa lancar dan tidak ada gangguan.

Semoga dengan teratasinya masalah di atas aktivitas puasa kita menjadi lebih lancar dan khusyuk. Semoga bermanfaat yaa!!