5 Pilihan Akhir Pekan Seru dan Bermanfaat Bareng si Kecil

27
336

Assalamu’alaikum Ayah dan Bunda.

Bagi Ayah dan Bunda yang bekerja di luar rumah, akhir pekan merupakan waktu yang berkualitas dan tentu ditunggu-tunggu. Kadang di awal pekan, kita sudah sibuk untuk merencanakan akhir pekan bersama keluarga tercinta. Salah satunya menyediakan waktu yang benar-benar berkualitas untuk berkumpul bersama keluarga dan tentunya dengan sang buah hati.

Sebagai orang tua kebingungan mau mengajak si Kecil melakukan aktivitas bersama seperti apa dan di mana. Apalagi jika si Kecil masih berusia di bawah lima tahun. Keamanan dan kenyamanan si Kecil dalam melakukan aktivitasnya menjadi prioritas bagi kita sebagai orangtua. Banyak pertanyaan ketika ingin mengajak si Kecil melakukan aktivitas di luar rumah. Apakah aman untuk si Kecil? Setelah di sana apakah si Kecil akan nyaman bermain atau justru akan menangis? Lalu, bermanfaatkah bagi si Kecil, dan sebagainya.

Bagi yang tinggal di kota-kota besar, mall atau pusat perbelanjaan kadang menjadi pilihan yang harus diambil sebagai pilihan akhir pekan seru bersama keluarga. Tidak panas, kadang ada tempat bermain bagi si Kecil atau sekedar mengajak mereka menonton bioskop. Bukan tidak bermanfaat, tapi mengajak mereka ke tempat-tempat seperti ini kurang membantu anak dalam mengeksplor dunianya. Tak jadi masalah jika di tempat tersebut tidak terlalu sesak orang dan ada temanbermain bagi mereka. Kalau tidak? Justru ini akan semakin membuat anak tak nyaman.

Berikut bisa jadi alternatif bagi Ayah dan Bunda dalam mengajak si Kecil melakukan aktivitas bermanfaat di akhir pekan sekaligus mengisi waktu berkualitas bersama keluarga.

  1. Taman Bermain atau ruang terbuka hijau

Saat ini banyak kota yang menyediakan ruang terbuka bagi warganya. Misalnya di Jakarta dan Bandung, pemerintah kota bekerja sama dengan berbagai perusahaan swasta membangun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di setiap kelurahan. Tidak hanya menyediakan ruang terbuka hijau, tapi juga berbagai sarana untuk permainan anak, ruang belajar, hingga perpustakaan ada di tempat tersebut.

Tempat ini dapat menjadi pilihan baik bagi Ayah dan Bunda yang ingin mengajak si Kecil berakhir pekan. Sayangnya, Ayah dan Bunda akan nyaman berkunjung ke tempat semacam ini waktu pagi (setelah waktu subuh) atau sore (sebelum waktu maghrib). Seperti namanya, bahwa tempat ini  sebagian besar di area terbuka (outdoor). Jika hari sangat terik, maka tidak nyaman bermain di tempat seperti ini, apalagi dengan mengajak si Kecil.

  1. Tak ada salahnya ajak anak ke tempat pengajian

Ayah dan Bunda punya jadwal pengajian bulanan atau pengajian mingguan di akhir pekan? Tak perlu khawatir untuk mengajak si Kecil ikut bersama Ayah dan Bunda. Dengan pertimbangan jika tempat pengajian di dalam ruangan dengan peserta yang tidak terlalu banyak. Ini agar tetap membuat si Kecil nyaman.

Siapkan berbagai cemilan untuk si Kecil. Jangan lupa mainan kesukaannya, buku cerita, atau apapun yang sering digunakan si Kecil agar ia nyaman di tempat tersebut.  Jika di tempat tersebut ada peserta lain yang membawa anaknya, ini bisa menjadi kesempatan si Kecil bertemu dengan teman-teman barunya dan bersosialisasi.

  1. Perpustakaan

Ingin menumbuhkan minat baca bagi si Kecil? Perpustakaan adalah pilihan tepat bagi Ayah dan Bunda menghabiskan akhir pekan berkualitas bersama si Kecil.

Banyak perpustakaan kota yang dilengkapi dengan ruang bermain bagi anak. Berbagai sarana mainan edukatif, berbagai buku bacaan untuk anak, dan kadang dilengkapi dengan ruang tumbuh kembang bagi anak menjadikan tempat ini menjadi pilihan menarik bagi Ayah dan Bunda untuk mengajak si Kecil melakukan berbagai aktivitas bermanfaat. Selain si Kecil bisa mengeksplor permainan dan mengenalkan berbagai buku yang menarik bagi dia, Ayah dan Bunda juga dapat menyalurkan kesenangan (hobi) dengan mencari dan membaca berbagai buku sambil bergantian menemani si Kecil bermain.

  1. Bertemu teman sebaya

Ayah dan Bunda ingin ikut reuni atau sekedar bertemu dengan teman-teman kuliah, teman sekolah, atau justru tetangga komplek sebelah? Jangan buru-buru menolak untuk bertemu mereka dengan alasan tidak ada waktu karena harus menyisihkan waktu berkualitas untuk si Kecil. Kalau teman-teman Ayah dan Bunda ternyata juga mempunyai anak yang seumuran dengan si Kecil, ini bisa jadi reunian yang menarik.

Ayah dan Bunda bisa mengajak si Kecil bermain dengan teman sebaya mereka, mengajari si Kecil bersosialisasi, dan melihat responnya ketika menemui lingkungan yang baru, serta teman yang baru. Ayah dan Bunda sendiri bisa berbagi cerita dan pengalaman dalam merawat si Kecil, berbagi tips dan tips menghadapi si Kecil yang susah makan, atau yang lainnya. Menarik bukan?

  1. Jika harus di rumah

Nah, jika kali ini Ayah dan Bunda harus tetap berada di dalam rumah karena berbagai alasan tidak bisa mengajak si Kecil berjalan-jalan keluar, tak perlu risau. Ayah dan Bunda tetap bisa menyiapkan waktu berkualitas agar anak tidak jenuh dan tetap menikmati waktu bermain dan belajarnya.

Berbagai permainan seperti susun kata, bernyanyi bersama, belajar mewarnai, belajar mengenal huruf, belajar mengaji, menghafal doa atau surah pendek, dapat direncanakan dengan berbagai ide yang menarik bagi Ayah dan Bunda.

Nah, waktu berkualitas di akhir pekan dapat dilakukan dengan berbagai aktivitas dan di mana saja. Berkualitas atau tidak, tergantung komitmen Ayah dan Bunda. Sadari bahwa waktu yang tersedia untuk menemani si Kecil terbatas. Ayah dan Bunda perlu gunakan waktu yang ada sebaik-baiknya untuk bermain sambil belajar bersama si Kecil, menemani mereka melakukan aktivitas, mendengarkan cerita atau sekedar ocehan mereka, dan sebagainya. Dan yang pasti, abaikan dulu smartphone yang Ayah dan Bunda miliki, jauhkan pikiran dari pekerjaan-pekerjaan kantor, dan nikmati waktu bersama keluarga.

Semoga akhir pekan Ayah dan Bunda bersama si Kecil menyenangkan ya.

27 COMMENTS