5 Tips Agar Anak Tak Takut Masuk Sekolah

2
371

Kalau orang dewasa saja terkadang masih sulit mengalahkan rasa takutnya, apalagi anak-anak. Bicara soal takut masuk sekolah, ada banyak alasan mengapa anak sampai mengalaminya.

Bisa jadi karena ia mengalami kejadian atau perlakuan tak menyenangkan di sekolah – entah dari teman atau guru, tidak suka dengan suasana/ sistem belajar yang diterapkan, merasa tidak mampu berprestasi, dan lain sebagainya.

Karenanya, tips pertama yang mesti orang tua lakukan saat menghadapi anak yang takut masuk sekolah adalah menanyai alasan mengapa ia tak mau bersekolah. Saran ini tentu mudah dilakukan kalau usia anak cukup besar sehingga ia mengerti penyebabnya dan bisa menjelaskannya.

Tapi bagaimana kalau usianya masih preschool?! Kan biasanya banyak tuh anak usia preschool (4 tahun ke bawah) yang selalu menangis sejadi-jadinya saat diajak bersekolah, apalagi bila itu momen pertamanya. Untuk ini, Anda memang harus melakukan pendekatan lain.

Walau wajar bagi anak usia dini jika menangis di minggu pertamanya sekolah, tetap ada PR yang dapat orang tua lakukan untuk mendorong anak berani masuk sekolah sendiri. Beberapa tipsnya adalah sebagai berikut:

1. ’Cuci’ otak anak

Tips yang pertama ini sebenarnya lebih bagus kalau diterapkan jauh-jauh hari sebelum si kecil menginjakkan kaki di sekolah barunya. Anda bisa mem-brainwash pemikiran anak melalui komunikasi sehari-hari, atau selagi:

  • Bermain – selagi menyusun balok-balok itu, katakan pada si kecil bahwa nanti di sekolah, ia juga akan melakukan permainan menyenangkan ini juga, hanya bersama dengan teman-teman sebayanya. Dan tentunya masih banyak permainan lain yang tak ada di rumah.
  • Membacakan buku cerita – pilihlah buku yang isinya menceritakan tentang betapa menyenangkannya bersekolah itu. Atau bila kesulitan menemukannya, Anda juga bisa menggunakan boneka tangan dan mengkreasikan cerita sendiri.

Apapun caranya, yang jelas melaluinya, berikan kesan kalau bersekolah itu menyenangkan dan bukannya menakutkan.

2. Ajak si kecil ke sekolah kakaknya

Tips agar anak tak takut masuk sekolah selanjutnya adalah dengan mengajak si kecil mengantar atau menjemput kakaknya di sekolah. Saat di lokasi, iming-imingi buah hati mengenai betapa menyenangkannya memakai seragam, punya banyak teman, dan lain sebagainya.

3. Buat perlengkapan sekolahnya istimewa

Tentunya tips yang satu ini akan merogoh sedikit kocek, namun hasilnya biasanya sepadan karena bisa membuat anak bersemangat untuk sekolah. Ya, kalau si kecil suka tokoh Frozen, jangan segan membelikan perlengkapan sekolah mulai dari tas, alat tulis, buku gambar, buku tulis, pensil warna, crayon, hingga kaos kaki yang kesemuanya bertemakan Frozen.

4. Sampaikan pada gurunya mengenai ketakutan yang dialami buah hati

Dan setibanya di sekolah, jangan lupa sampaikan pada guru atau pihak sekolah mengenai ketakutan yang dirasakan buah hati. Dengan begitu, mereka bisa diajak bekerjasama untuk membujuk anak agar lebih berani di sekolah. Jangan lupa untuk mengenalkan si kecil dengan gurunya lebih dulu agar ia tak kaget dan berpikir kalau beliau adalah orang asing. Selanjutnya, mintalah sang guru untuk mengenalkan anak pada teman-temannya sehingga ia tak merasa sendirian.

5. Konsisten

Saran terakhir ini sangat penting, konsisten. Jangan sampai hari ini Anda menemani si kecil di sekolah, besoknya tidak, lalu lusanya, Anda berada di dekatnya lagi di depan kelas. Sikap bimbang semacam ini bisa membuat anak bingung dan malah lebih rewel nantinya.

Jadi tipsnya kurang lebih seperti itu ya, Bun. Untuk praktiknya bisa disesuaikan dengan kondisi tiap anak. Dan kalau Anda tak tahu lagi harus berbuat apa, maka jangan segan berkonsultasi dengan guru atau pakar anak.

2 COMMENTS