6 Cara Mudah Menghafal Al Quran

1
464

“Dan sungguh, telah Kami mudahkan Al Quran sebagai peringatan. Maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?” (QS. Al Qomar: 17)

Pahala telah menanti bagi siapapun yang menghafal Al Quran, sebagaimana disebutkan dalam salah satu hadits berikut ini:

“Karena kedudukanmu di syurga setingkat dengan banyaknya ayat yang kamu hafal.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Memang, menghafal Al Quran itu gampang-gampang susah. Agar si kecil atau Ayah dan Bunda semakin mudah dalam menghafal Al Quran, praktikan beberapa cara berikut ini:

1. Niat

Luruskan niat bahwa hafalan-hafalan ini untuk bekal di kehidupan di akhirat kelak. Lalu, yakinkan hati kita bahwa menghafal Al Quran adalah sesuatu yang mudah. Ingat Ibnu Abbas r.a yang berkata, “Jika bukan karena Allah SWT telah memudahkan Al Quran pada lisan manusia, tentu tidak satupun makhluk yang dapat berbicara dengan firman Allah SWT.”

2. Target

Target penting agar kita selalu bersemangat untuk melakukan sesuatu termasuk menghafal Al Quran. Nah, tetapkan target, berapa ayat atau berapa surah atau berapa juz yang ingin dihafalkan dalam kurun waktu tertentu.

3. Pilih mushaf atau media yang sesuai

Jika menggunakan mushaf cetak, pilih satu mushaf yang memang digunakan untuk standar hafalan. Hal ini bermaksud agar hafalan menjadi fokus. Salah satu produk yang bisa digunakan untuk menghafal yakni Mushaf Tahfiz dari Al Qolam.

Mushaf Tahfiz berukuran kecil, di mana satu mushaf terdiri dari 5 jilid. Per jilidnya terdiri dari 6 juz. Hurufnya pun tercetak jelas dan lebih besar dibanding mushaf lainnya. Ini akan memudahkan kita dalam menghafal dan membawanya kemana saja.

Mushaf ini bisa dipilih jika ingin menghafal 30 Juz lengkap. Namun, jika kita atau buah hati kita ingin menghafal juz 30 (juz ‘amma) saja, kita bisa memilih menggunakan Hafiz Junior. Produk ini dirancang khusus untuk mempermudah hafalan anak-anak khususnya di juz 30.

4. Perbanyak mendengar bacaan Al Quran

Dengan semakin memperbanyak mendengar, kita akan terbiasa dan mempermudah dalam menghafal ayat per ayatnya. Ini karena kita menggunakan beberapa indra sekaligus dalam menghafal. Mata digunakan untuk membaca setiap ayat-ayat yang akan dihafal, telinga mendengar murottal, dan mulut melafalkan ayat-ayat tersebut.

Baik Mushaf Tahfiz maupun Hafiz Junior, tentu menjadi media yang tepat agar seluruh indra bekerja sama untuk semakin memudahkan hafalan.

5. Ulangi

Ulangi dan ulangi lagi. Itu kuncinya. Inilah salah satu metode yang ada dalam boneka Hafiz Junior, di mana  setiap ayatnya dapat diulang 3X, 5X, 10X, bahkan 20X. Semakin banyak mengulangi, maka kemampuan otak untuk menghafal akan semakin baik. Setelah selesai satu surah, coba ulangi lagi surah terebut.

6. Setor hafalan

Terakhir, setor hafalan ke orang lain. Misal jika yang melakukan hafalan anak-anak, maka Ayah dan Bunda menyiapkan waktu khusus agar mereka menyetor hafalannya. Bawa mushaf saat mereka menyetor hafalan. Ini sekaligus untuk mengoreksi bacaan, makhorijul huruf, dan tajwid yang kurang tepat. Jika Ayah atau Bunda yang hafalan, Ayah dan Bunda bisa saling bergantian untuk saling menyetor hafalan dan mengoreksi bacaannya.