Ramadhan Sebentar Lagi, Ini 8 Manfaat Puasa Bagi Si Buah Hati

1
43

Tak lama lagi, kita akan menyambut bulan penuh berkah, bulan Ramadhan. Sekarang pasti banyak bunda yang memikirkan apakah akan mengajak puasa anak-anak atau belum saatnya.

Puasa ialah ibadah yang sangat istimewa di mata Allah SWT karena memberikan efek yang luar biasa untuk kehidupan kita. Tentu sebagai keluarga kecil bahagia kita sebagai orangtua ingin mengajak buah hati turut merasakan manfaatnya. Kita bisa memperkenalkan ibadah yang mulia ini sedari dini karena berpuasa memiliki ragam manfaat.

Yuk ketahui dulu inilah 7 manfaat utama puasa untuk buah hati:

1.Meningkatkan Ketaqwaan Kepada Allah SWT

Perkenalkan dan berikan pengajaran serta pengetahuan seputar puasa dan kenalkan ayat-ayat Al Quran yang mencantumkannya karena berpuasa merupakan bentuk ketaqwaan kepada Allah Swt. Kita dapat mengajarkannya secara bertahap misalnya memulai berpuasa setengah hari sampai kemudian terlatih sampai Maghrib dengan menyesuaikan kemampuan sang anak.

2. Puasa Menyehatkan Tubuh 

Berpuasa dapat menyehatkan organ pencernaan setelah setiap hari bekerja tanpa henti. Hadirnya Ramadhan selama sebulan penuh membuat organ pencernaan dapat beristirahat karena hanya digunakan saat waktu sahur dan berbuka puasa agar kembali berfungsi secara maksimal.  Imbangi ibadah ini dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan dan bergizi.

3.Melatih Untuk Bersikap Disiplin 

Tak hanya memberikan manfaat untuk kesehatan, berpuasa
dapat melatih sikap disiplin karena setiap hari kita wajib bangun pagi untuk menikmati hidangan sahur sebagai bekal untuk menunaikan ibadah puasa. Kita dapat melatih si kecil supaya disiplin dengan teratur bangun pagi.

4.Mengajarkan Kesabaran 

Berpuasa dapat melatih kesabaran karena mengajarkan bahwa setiap keinginan buah hati tak bisa selalu dipenuhi. Adakalanya kita berada di dalam situasi yang mengharuskan diri kita mengendalikan diri dan ikhtiar terlebih dahulu untuk mendapatkan hal yang kita inginkan.

5.Ajang Untuk Beribadah Bersama-sama 

Selama bulan puasa, Ayah dan Bunda dapat melatih anak untuk beribadah secara bersama-sama. Misalnya saat menunaikan ibadah shalat berjamaah khususnya di waktu Shubuh dan Maghrib. kemudian mengajarkan mengaji Al-Quran bersama dan memberikan pemaknaan setiap surat yang dibaca, supaya bisa lebih memahami isinya.

6.Mengingkatkan Rasa Empati 

Berpuasa dapat melatih anak bersikap empati dan menghargai setiap hal yang telah kita miliki. Ayah dan Bunda dapat menyelipkan pesan bahwa kita beruntung, contohnya ketika berjumpa dengan fakir miskin, berikan pengetahuan kepada anak tentang kondisi ekonomi menyebabkan mereka harus berpuasa, mengajarkan berbagi dengan orang yang kurang mampu dan sikap-sikap positif lainnya. Sikap empati ini dapat menumbuhkan sikap peduli kepada warga lingkungan sekitar.

7.Melatih Kejujuran 

Tak hanya memberikan manfaat untuk spiritual dan kesehatan, berpuasa melatih kejujuran dan menghindarkan diri dari perbuatan-perbuatan yang dapat membatalkan puasa ataupun mengurangi nilai ibadahnya.

8.Mengajarkan Untuk Bersyukur 

Ayah dan Bunda dapat mengajarkan dengan ibadah ini dapat
melatih anak untuk bersyukur dengan segala yang diberikan Allah Swt kepada kita.