8 Nilai Islam Ini Penting Untuk Bekal Anak Hadapi Tantangan Jaman

1
133

Orangtua mempunyai kewajiban untuk memenuhi hak anak. Tidak hanya terkait dengan kebutuhan primer anak. Namun, orangtua juga wajib membentuk anak agar tumbuh menjadi pribadi yang kuat yang mampu bertahan menghadapi tantangan jaman.

Anak adalah harapan di masa depan. Mereka mempunyai peran yang sangat penting. Oleh sebab itu, Islam memberikan panduan sebagai dasar dan tata cara dalam mendidik anak.

Nah, 8 hal ini perlu orangtua perhatikan sebagai dasar mendidik anak:

1. Ajari anak meniatkan hal-hal baik

Imam Abdullah bin Ahmad bin Hanbal berkta kepada ayahnya, “Wahai Ayah, berilah aku wasiat. Imam Ahmad pun menjawab, “Wahai anakku, niatkan hal-hal yang baik. Sebab kau akan selalu dalam kebaikan selama kau meniatkan hal-hal yang baik.” (Al Adab As Syar’iyyah karya Ibnu Muflih hal: 133)

Mengajari anak-anak untuk meniatkan segala sesuatu dengan kebaikan sejak dini akan membiasakan mereka mengutamakan niat baik setiap waktu. Ini penting sebagai bekal mereka agar senantiasa mempunyai niat baik dalam melakukan segala hal.

2. Jadikan anak berilmu dan berwawasan global sejak dini

Ilmu akan menjadi bekal anak untuk mampu bertahan dan memiliki jalan keluar dari permasalahan yang ia hadapi. Sedangkan wawasan global, penting bagi anak agar mereka tidak terombang-ambing di tengah berbagai perubahan jaman.

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Mujaadilah: 11)

3. Ajari anak berani berpendapat

Banyak orangtua yang merasa acuh terhadap pendapat anaknya. Apalagi jika mereka masih anak-anak yang dianggap di bawah umur. Padahal, ketika pendapatnya tak dihiraukan anak-anak cenderung akan tumbuh menjadi pribadi yang minder dan enggan mengeluarkan pendapat lagi.

Orangtua perlu belajar untuk mendengarkan pendapat anak dan memberi kebebasan pada mereka untuk mengemukakan pemikirannya. Secara tidak langsung ini juga akan mengajarkan pada anak untuk menghargai pendapat orang lain.

4. Ajari anak mandiri dan percaya diri

Orangtua perlu mempercayai anak. Tak perlu lagi merasa khawatir berlebihan kepada mereka. Beri mereka kebebasan, namun tetap pantau mereka dari jauh. Ini akan meningkatkan kemandirian anak.

Orangtua juga perlu menanamkan rasa percaya diri. Saat mengkritik anak, usahakan untuk tidak menjatuhkan harga diri dan membuatnya merasa dipermalukan. Ajarkan pada mereka bahwa di hadapan Allah SWT semuanya sama dan yang membedakan antar manusia hanya amalannya saat di dunia.

Nilai ini perlu ditanamkan kepada anak agar mereka juga tak memandang rendah orang lain dan tidak membeda-bedakan orang berdasarkan latar belakang dan perbedaan lainnya. (SELANJUTNYA >>)

1 COMMENT