9 Cara Agar Si Kecil Tidak Rewel Selama Mudik

1
54
rewel selama mudik

Menyambut datangnya Idul Fitri kegiatan mudik sudah menjadi tradisi yang ditunggu-tunggu.  Tetapi bagi yang akan melakukannya bersama si buah hati perjalanan ini tentu menjadi tantangan tersendiri.

Berbeda dengan orang dewasa, saat mudik buah hati yang masih balita berpotensi rewel dan tidak betah dalam perjalanan yang terlalu lama, jika kondisi tersebut tidak dipersiapkan dengan baik akan merepotkan Ayah dan Bunda.

Ingin perjalanan mudik bersama keluarga aman dan lancar? 9 Cara ini bisa Ayah dan Bunda persiapkan:

1. Perhatikan destinasi dan jarak tempuh perjalanan

Pertama kali yang bisa Ayah dan Bunda lakukan dengan membuat rencana perjalanan mudik termasuk perkiraan waktu yang diperlukan dan cek ricek rute paling aman menuju destinasi. Termasuk pilihan alat transportasi yang akan digunakan apakah mobil, bus, kereta atau pesawat. Sesuaikan dengan kondisi balita, pilihlah yang paling nyaman dan aman untuk perjalanan bersamanya.

2. Lakukan perjalanan di malam hari

Pilih perjalanan di waktu malam, positifnya kondisi lalu lintas lebih lancar daripada siang hari namun tetap perlu memperhatikan kondisi keamanannya. Selain itu malam hari juga tepat dilakukan jika mengajak balita karena sudah memasuki jadwal waktu istirahat dan tidur.

3. Jangan membawa barang bawaan terlalu banyak

Sesuaikan kondisi kendaraan yang digunakan dengan barang yang akan dibawa. Siapkan space atau ruang yang nyaman untuk penumpang. Karena membawa barang terlalu banyak akan membuat kendaraan penuh dan sempit sehingga anak sulit bergerak dan beristirahat.

Jika menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi fokuskan untuk menyimpan barang-barang bawaan di bagasi agar tidak mengganggu dan mengurangi kenyamanan penumpangnya, kecuali barang-barang berharga.

4. Siapkan hiburan untuk anak

Untuk mencegah rasa bosan yang datang pada anak jangan lupa untuk membawa barang-barang favoritnya misalnya seperti buku cerita, mainan berupa squishy, action figure dan lainnya. Ayah dan Bunda juga disarankan membawa gadget berisi game yang ramah anak, termasuk jika di dalam kendaraan terdapat tv portable dapat memutarkan film -film kesukaannya.

5. Dengarkan musik kesukaannya

Putar lagu-lagu yang bersemangat dan easy listening yang sebaiknya tidak hanya mewakili selera Ayah dan Bunda saja. Siapkan pula USB ataupun folder musik yang menyimpan lagu-lagu favorit si buah hati karena dapat menjadi teman perjalanan yang menyenangkan.

6. Berinteraksi dan komunikasi aktif dengan anak selama perjalanan

Ajak anak-anak berkomunikasi aktif dengan Ayah dan Bunda, jangan terlalu asyik bermain gadget sendiri karena anak akan merasa diabaikan. Lakukan aktivitas yang kreatif dan menyenangkan misalnya ketika naik mobil ajak menghitung jumlah truk dan bis yang lewat ataupun permainan menyenangkan lainnya.

7. Membawa bekal camilan dan makanan kesukaannya

Sebelum berangkat pastikan anak dalam keadaan kenyang supaya anak tidak rewel. Sebagai tambahan bawa camilan sehat dan minuman kesukaannya jika si anak mulai lapar.

8. Berhenti di rest area

Jika kita melakukan perjalanan dengan menggunakan mobil pribadi, kita bisa memanfaatkan rest area sebagai tempat beristirahat anak sekedar untuk refreshing, membeli kebutuhan-kebutuhan yang belum terbawa di supermarket ataupun ke toilet. Suasana baru tentu akan membuat anak merasa lebih bahagia.

9. Siapkan obat-obatan pribadi

Ketika bepergian jangan melupakan hal penting yang satu ini obat-obatan pribadi seperti tolak angin anak, minyak kayu putih, minyak telon, obat demam dan obat pusing untuk mengatasi penyakit ringan yang mendera saat perjalanan.