Anak Jadi Pribadi yang Pandai Bersyukur Dengan 4 Tips Ini

6
328

Memberikan limpahan materi kepada anak menjadi impian yang ingin dipenuhi oleh sebagian besar orang tua. Hal ini dapat terjadi karena rasa kasih, sayang dan kecintaan mereka terhadap anak-anak mereka, mulai dari memberikan gadget baru dan memberikan permainan baru kepada anak.

Hal yang tidak disadari oleh orangtua adalah kebiasaan memanjakan anak membuat mereka kurang bersyukur atas limpahan rezeki yang didapatkan.

Solusinya?

Berikut ini 4 tips yang bisa Anda terapkan untuk mengajarkan anak Anda menjadi pribadi yang lebih bersyukur.

1. Latih Kebiasaan Bersyukur Sejak Dini

Anda bisa membiasakan anak-anak untuk tidak langsung memberikan apa yang mereka inginkan. Hal ini perlu dilakukan sebab saat Anda senantiasa mengabulkan setiap permintaan yang diinginkan anak-anak, maka hal ini membuat mereka tidak mengerti bagaimana cara bersyukur atas sesuatu.

2. Berikan Contoh Kepada Mereka Secara Langsung

Anak merupakan peniru orangtua yang sangat baik, jika Anda ingin memiliki anak yang pandai bersyukur berikan contoh teladan kepada mereka terlebih dahulu. Biasakan diri Anda untuk berhemat, bersyukur, dan beramal kepada orang yang membutuhkan. Cara seperti ini secara tidak langsung akan mengajarkan anak Anda menjadi pribadi yang lebih baik.

3. Terapkan Aturan untuk Memberikan Apa yang Mereka Miliki

Saat anak-anak mendapatkan mainan atau barang baru dari orangtuanya, maka Anda harus membiasakan mereka untuk memberikan salah satu barang lama yang dimiliki kepada orang lain.

Mengajarkan anak Anda untuk menyumbangkan barang lama yang mereka miliki akan mengajarkan mereka cara bersyukur sejak dini.

4. Ajarkan Mereka Bahwa Menyumbang Bisa Dalam Bentuk Tenaga dan Waktu

Mengajarkan anak untuk berbuat baik tidak selamanya harus dengan barang-barang yang mereka miliki. Sampaikan kepada mereka bahwa berbuat baik bisa dilakukan dengan menyumbangkan tenaga dan waktu kepada orang lain.

Contoh sederhana yang bisa Anda terapkan kepada anak-anak adalah ajarkan mereka untuk membantu anggota keluarga lain yang sedang membutuhkan bantuan. Seperti membantu mengambilkan barang atau hal yang lainnya.

Bersyukur merupakan hal penting yang perlu Anda ajarkan kepada anak-anak sejak dini agar kebiasaan baik ini menjadi karakter sampai mereka dewasa kelak. Empat cara mudah yang telah disampaikan di atas bisa Anda terapkan untuk mengajarkan anak-anak untuk lebih bersyukur dan menghargai apa yang mereka miliki.

Semoga pembahasan yang telah kami sampaikan di atas bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda semua yang telah membacanya.

Selamat mencoba!

 

6 COMMENTS