Apa Saja Sih Sebenarnya Manfaat Makan dan Minum Sambil Duduk Itu?

2
166

Ternyata, ada alasannya lho kenapa Rasulullah SAW menganjurkan kita untuk makan dan minum sambil duduk dan melarang melakukannya sambil berdiri.

Rasulullah SAW sungguh melarang dari minum sambil berdiri.” (HR. Muslim no. 2024)

Selain adab, banyak alasan kesehatan dari anjuran Rasulullah SAW ini. Posisi ini tak hanya membuat kita makan lebih pelan, namun porsi makanannya juga jadi lebih sedikit. Kalau makannya pelan-pelan, maka perut jadi cepat kenyang.

Berangkat dari pemikiran tersebut, muncullah program diet yang disebut “The Sit-Down Diet”. Sesuai istilahnya, program diet ini menyarankan kita untuk makan dan minum sambil duduk, bukannya berdiri apalagi berjalan.

Posisi duduk menjauhkan kita dari kesan buru-buru sehingga makanan dapat dikunyah dan dicerna dengan baik. Makan dan minum sambil duduk (tanpa nonton TV, main HP, baca buku, dll) juga membuat kita lebih fokus.

Lain halnya kalau makan sambil berdiri atau jalan, kita cenderung kurang konsentrasi dan tergesa-gesa saat melakukannya. Saat buru-buru, kita juga jarang memikirkan berapa banyak makanan yang sudah masuk dalam tubuh, dan inilah yang menyebabkan kita makan lebih banyak.

Selain itu, makan sambil jalan bisa membuat kita lebih cepat lapar. Jadi tak heran kalau kemudian beberapa riset menemukan cara makan yang kurang fokus seperti ini cenderung menggemukkan badan.  Karena itu kalau ingin langsing dan sehat, makanlah sambil duduk.

Di samping mempertahankan berat badan ideal, ternyata masih ada lagi beberapa manfaat makan dan minum sambil duduk lainnya, yaitu:

1. Mencegah kanker

Berat badan berlebih ternyata merupakan salah satu faktor risiko kanker. Pihak WCRF (World Cancer Research Fund) menyatakan kalau 1/5 kasus kanker di Amerika Serikat sebenarnya dapat dicegah bila penderitanya memiliki berat badan ideal.

2. Baik untuk pencernaan

Walau makan sambil berdiri baik untuk penderita asam lambung atau heartburn, namun seperti disebutkan sebelumnya posisi ini cenderung membuat kita buru-buru saat makan, dan ini bisa mengganggu pencernaan. Jadi bila ingin terhindar dari kembung, sakit atau kram perut, konstipasi, dan diare, lebih baik makanlah sambil duduk saja.

3. Membuat perut rileks

Ketika makan sambil duduk, perut berada dalam kondisi rileks dan kita juga jadi lebih bisa menikmati citarasa, aroma, serta tekstur makanannya. Karenanya ketika lapar dan ingin makan, siapkan makanannya lalu nikmati itu sambil duduk. Ada baiknya, Anda tidak makan di meja kantor, dalam mobil, atau di meja dapur supaya momen makan bisa lebih fokus serta nyaman.

4. Mencegah gangguan jantung dan paru-paru

Sama seperti makanan, air juga harus diminum dengan perlahan. Minum air terlalu cepat (biasanya ketika berdiri nih) dapat mengurangi kadar oksigen di saluran pencernaan, dan ini berisiko meningkatkan gangguan jantung serta paru-paru. Di samping itu, menenggak air terlalu cepat juga dapat membuat udara masuk ke saluran esofagus dan menciptakan tekanan yang memicu degenerasi tulang ataupun sendi.

Jadi sekarang, Anda sudah tahu kan kenapa kita harus makan dan minum sambil duduk?! Saatnya praktek nih!

https://food.ndtv.com/food-drinks/why-you-shouldnt-stand-and-drink-water-according-to-ayurveda-1719982
https://www.curejoy.com/content/sitting-down-to-eat-look-health-benefits/
https://www.healthline.com/nutrition/eating-while-standing-up#section7

2 COMMENTS