6 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Selain dari Gaji Suami

1
372
penghasilan tambahan

Saat hamil kemudian memiliki anak, sebagian besar dari kita akhirnya memilih atau memang diminta untuk melepaskan pekerjaan. Menjadi ibu rumah tangga, tak berarti kehilangan penghasilan tambahan. Selain gaji dari suami, Bunda bisa mencoba beberapa cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan tetap tinggal di rumah atau menyediakan banyak waktu untuk rumah dan anak-anak.

Menarik bukan? Berikut beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk mengisi waktu menunggu kelahiran anak dan mendapatkan penghasilan tambahan:

  1. Menjadi pekerja lepas/freelance

Jika Bunda memiliki keahlian khusus, Bunda bisa manfaatkan ini untuk menjadi pekerja lepasan (freelance). Bunda memiliki kemampuan menulis, banyak website yang membutuhkan penulis artikel sebagai kontributor. Atau, pilihan menjadi penerjemah (translator) juga bisa dipilih bila Bunda memiliki kemampuan berbahasa asing. Saat ini, banyak dibutuhkan penerjemah berbagai bahasa lho.

Lulusan sekolah seni visual? Ini bisa dimanfaatkan untuk menjadi desainer grafis, desainer visual, bahkan desainer fashion untuk berbagai perusahaan dan acara secara lepasan lho. Nah, jika Bunda senang dan punya keahlian menjadi perias, jasa make up artist (MUA) saat ini sedang naik daun. Bunda bisa coba mendandani teman yang akan menghadiri acara tertentu, tetangga yang akan wisuda atau lamaran, atau sekedar make up natural.

Namun, jika pilihan di atas masih belum sesuai dengan keahlian Bunda, tapi Bunda punya kemampuan untuk menggunakan Ms.office seperti Ms. Excel, pekerjaan entry data bisa dicoba. Cukup mengerjakannya di sela-sela pekerjaan rumah dan Bunda bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

  1. Usaha chatering

Hobi memasak atau membuat kue? Bisnis chatering rumahan patut dijajal. Mulailah dari acara-acara kecil di sekitar tempat tinggal. Misalnya acara arisan, pengajian di rumah tetangga, atau sejenisnya. Jika masih belum siap dengan jumlah pesanan yang melimpah, Bunda bisa membuat jadwal. Misalnya, chatering hanya bisa dibuka untuk pesanan akhir pekan.

Anak-anak sudah mulai sekolah dan setiap pagi harus menyiapkan bekal serta sarapan untuk mereka? Ini bisa menjadi peluang Bunda untuk membuat chatering bekal sekolah sekalian menyiapkan bekal sarapan untuk keluarga. Tawarkan pada orangtua teman-teman anak dengan menu bento yang sering disukai anak-anak.

  1. Les privat

Jika Bunda tinggal di komplek perumahan lingkungan dengan penduduk yang cukup banyak anak-anak sekolah, Bunda bisa membuka usaha les private untuk beberapa mata pelajaran bagi mereka. Jadwalkan untuk setiap sore membuka pintu rumah dan memberikan mereka bimbingan belajar yang dibutuhkan. Ini bisa sekaligus Bunda mengajak si Kecil untuk belajar bersama, jika memungkinkan.

  1. Blogger/Youtuber

Dunia digital membawa kita pada berbagai aktivitas tanpa batasan ruang dan waktu. Dengan tetap di rumah, Bunda bisa menghasilkan berbagai karya dan ujungnya bisa untuk mendapatkan penghasilan. Jika hobi menulis atau merekam aktivitas Bunda, menjadi blogger seperti fashion blogger dan youtuber bisa menjadi pilihan untuk menghasilkan pundi-pundi penghasilan.

  1. Membuat event organizer

Hobi mengorganisir acara? Bunda bisa membuat event organizer untuk berbagai acara seperti ulang tahun, pernikahan, lamaran, dan sebagainya. Bunda bisa mulai dengan acara-acara kecil dari rekan-rekan Bunda atau tetangga.

  1. Menjadi reseller online shop

Hanya berbekal paket data internet dan akun media sosial, ditambah akun market place agar promosi penjualan lebih tersebar luas, Bunda bisa bergabung menjadi reseller online di berbagai produk. Salah satunya, Al Qolam yang fokus pada produk-produk edukasi anak dan berbagai mushaf Al Quran yang dilengkapi dengan pen digital.

Bunda bisa bergabung menjadi afiliasi di www.plazahidayah.com atau langsung menjadi reseller di Al Qolam. Keuntungan dari potongan harga produk dan komisi bisa Bunda dapatkan setiap kali produk berhasil terjual. Setiap 1 produk yang berhasil terjual, Bunda bisa dapat keuntungan hingga 200-300 ribuan. Wow. Yup, dalam sebulan, Bunda bisa dapat keuntungan hingga 3 jutaan lho.

1 COMMENT