Cara Mudah Biasakan Anak Gemar Berbagi

1
158
anak gemar berbagi

Memiliki anak yang berjiwa dermawan dan senang berbagai dengan sesama menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Namun, ini bukanlah sesuatu yang instan terjadi. Butuh sebuah latihan dan pembiasaan pada anak agar mereka mudah berbagi dengan sesamanya.

Nah, Ayah dan Bunda bisa coba 4 langkah sederhana ini untuk bantu biasakan anak berbagi dengan sesamanya:

1. Berikan contoh kepada mereka

Jika Ayah dan Bunda menginginkan anak memiliki sikap yang dermawan dan mudah berbagi, maka berikanlah contoh terlebih dahulu kepada mereka. Tunjukkan kepada mereka saat kita sebagai orangtua sedang berbagi dengan sesama. Misalnya saat orangtua memberikan makan kepada fakir miskin dan memberikan sumbangan kepada pengamen di jalan.

Dengan contoh nyata yang kita berikan kepada mereka, anak-anak akan terbiasa melihat hal yang baik dan akhirnya akan meniru perilaku kedua orang tuanya.

2. Ajarkan berbagi melalui permainan

Jika memiliki anak yang berusia balita, membiasakan mereka berbagi bisa diawali dengan memainkan games yang menyenangkan. Misalnya saja Ayah atau Bunda terlebih dahulu memberikan anak dengan berbagai barang seperti mainan, makanan, dan bunga kemudian mintalah mereka untuk membagikan berbagai benda tersebut dengan temannya atau keluarga yang ada di rumah.

Dengan cara seperti ini, si Kecil akan belajar nikmatnya berbagi dengan cara yang menyenangkan.

3. Terapkan waktu untuk berbagi kepada anak

Jika Ayah dan Bunda memiliki 2 orang anak yang masih balita, kasus berebut mainan pasti akan dihadapi setiap waktu. Hal ini ternyata bisa menjadi ide yang tepat untuk mengajarkan mereka berbagi dengan saudaranya dengan menerapkan waktu berbagi mainan.

Misalnya seperti ini, 10 menit pertama mainan akan diberikan kepada Si A dan jika 10 menit sudah berlalu mainan akan diberikan kepada Si B. Gunakan timer dan Ayah atau Bunda harus bertindak sebagai wasitnya agar permainan dapat berjalan dengan lancar.

4. Berikan kesempatan mereka untuk berbagi

Jika si Kecil memiliki makanan atau mainan yang bisa dibagikan kepada teman dan saudaranya, maka biasakan mereka untuk berbagi. Ayah dan Bunda bisa meminta mereka untuk membagikan makanan yang mereka miliki kepada teman yang lain, jika mereka memiliki makanan yang lebih. Atau orangtua bisa juga mendorong si Kecil untuk meminjamkan mainan mereka kepada temannya.

Jika hal ini dilakukan oleh anak yang tertua, maka biasanya adik-adiknya akan terkesan dengan sikap yang dilakukan oleh kakaknya. Dengan hal ini bukan tidak mungkin suatu saat sang adik tadi akan meniru perilaku yang dilakukan sang kakak.

Itulah 4 langkah sederhana dan mudah yang bisa dilakukan untuk membiasakan anak-anak berbagi dengan sesamanya. Membiasakan hal baik sejak dini merupakan sebuah langkah pendidikan yang tepat untuk dilakukan oleh setiap orang tua.

Semoga informasi di atas memberikan banyak manfaat!