Duh, Bingung Pilih Homeschooling atau Sekolah Formal?

2
315

Pendidikan yang terbaik menjadi fokus utama orang tua bagi anak-anaknya. Bisa dibilang bahwa pendidikan adalah investasi orang tua. Kelak, ketika anak – anak sudah dewasa dan berhasil menggapai cita – citanya, maka orang tua yang akan menuai hasilnya.

Orangtua yang memiliki anak – anak berpendidikan bagus dan berakhlak mulia akan mendapatkan derajat yang tinggi di mata manusia dan Alloh swt.

Oleh karena itu, saat memilih pendidikan untuk anak, orang tua tak boleh sembarangan. Beberapa pilihan yang bisa dipilih antara lain Homeschooling dan sekolah formal biasa.

Tapi, apa bedanya dan mana yang lebih baik? Untuk mengetahui jawabannya, baca terus yuk..

Homeschooling

Ada beberapa orangtua yang akhirnya memutuskan Homeschooling. Pada dasarnya, sama seperti sekolah. Hanya saja, lokasinya ada di rumah sendiri, tidak memakai seragam, dan mendatangkan guru ke rumah.

Di beberapa negara barat, Homeschooling sudah lumrah dilakukan. Bahkan, ada jenis keluarga yang memang rela meluangkan waktu untuk mengajari anak – anak mereka di rumah. Siapa yang menjadi gurunya? Ibu yang menjadi guru sekaligus teman sekolah mereka.

Ada sebuah ruangan khusus yang dirancang seperti kelas dan membentuk atmosfir nyaman agar anak bisa belajar dengan menyenangkan.

Dalam Homeschooling, ada keterlibatan aktif keluarga dalam pendidikan anak  di rumah.

Di tanah air, proses Homeschooling biasanya mengundang guru privat ke rumah atau seperti kursus dan bimbingan belajar.

Meski dari segi lokasi sangat berbeda, tetapi ada kesamaan antara Homeschooling dan sekolah formal. Yaitu:

–  ingin memberikan pendidikan terbaik untuk anak

– sistem pendidikan diakui oleh negara

Sementara itu, apa saja perbedaan antara homeschooling dan sekolah formal:

– sekolah formal bertanggung jawab untuk mendidik anak, sedangkan Homeschooling melibatkan keluarga secara intensif

– Homeschooling memiliki standar yang disesuaikan dengan masing-masing keluarga, sedangkan sekolah formal memiliki satu standar untuk semua anak, sedangkan

– Homeschooling diatur oleh keluarga, dan sekolah formal diatur terpusat oleh pemerintah, sedangkan

– sekolah formal dibentuk oleh lembaga pendidikan, Homeschooling dibentuk keluarga atau bukan lembaga.

Pertimbangan untuk memilih Homeschooling atau sekolah formal

Sebelum memutuskan akan menerapkan pola pendidikan pertimbangkan dahulu beberapa hal berikut:

Pelajari Homeschooling

Homeschooling membutuhkan konsistensi orang tua dalam mengajarkan pendidikan. Terutama, ketika sang guru adalah orang tua sendiri. Kadang – kadang anak – anak akan menjadi lebih menyepelekan instruksi ketimbang saat diajar oleh orang lain. Jika demikian yang terjadi, bisa dipertimbangkan mendatangkan guru privat.

Lebih fleksibel

Orangtua yang menerapkan Homeschooling terkadang masih terjebak dengan stigma Homeschooling hanya memindahkan sekolah ke rumah. Padahal, ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan. Misalnya, dari segi lokasi. Rumah dan sekolah sangat berbeda. Orangtua bisa menerapkan sistem customize atau disesuaikan dengan jam belajar anak, ruangan, metode belajar dan sebagainya.

Semoga beberapa ulasan di atas dapat menambah pertimbangan untuk memilih  Homeschooling atau sekolah formal.

2 COMMENTS