Film Pilihan Untuk Anak, Coba Tonton Ini

4
56

Salah satu jenis film dalam dunia perfilman adalah film animasi. Film animasi memang identik dengan anak-anak dan pembelajarannya. Namun, tak jarang film animasi anak-anak cenderung membosankan karena memiliki animasi adegan yang terlalu dipaksakan. Eits, tunggu dulu, salah satu channel youtube, Alqolam Official mengusung tema berbeda lewat film animasi. Channel ini menggarap film dengan tajuk Pat A Pat: Como.

Umumnya, film animasi saat ini mengedepankan kehidupan sehari-hari lewat penggambaran animasi tokoh-tokoh seperti manusia dan kegiatannya. Nah, Pat A Pat: Como memberikan warna baru dalam dunia film animasi karena lebih mengedepankan pesan-pesan sederhana lewat animasi tiap episodenya.

Tidak Lebay dan Alur Sederhana, Jadi Andalan

Lewat teaser yang dimunculkan oleh Alqolam, dapat terlihat bahwa tokoh utama alias Como adalah seekor anak ayam. Alqolam mengambil latar tempat berupa kebun yang lucu dan juga menarik. Jadi, karakter yang dimainkan oleh Alqolam tidak jauh dari hewan-hewan di sekitar kebun. Dalam film tersebut, latar mereka dinamai Kebun Bandi. Film ini mengajarkan bagaimana cara menjalin persahabatan dengan sesama serta cara berempati yang baik.

Penokohan yang dilakukan oleh sang animator dan narasi juga tepat, sebab tampilan animasi dari Como tidak terkesan lebay dan tetap menarik. Como digambarkan dengan seekor anak ayam yang cute dan berwarna kuning. Tokoh Como juga dibuat sopan dengan memakai cangkang telur sebagai bajunya. Tentunya juga terdapat beberapa tokoh pendukung sebagai sahabat baik Como yaitu, si Wormy alias cacing ungu yang imut, si Toto alias si ayam kota yang cerdas dan lain-lain.

Dalam film ini, jangan harap anda menemukan twist yang bikin melongo, sebab alur yang diceritakan oleh Alqolam ini memang mudah ditebak. Alqolam sengaja membuat setiap episodenya memiliki makna yang berbeda-beda namun tetap ‘ngena’ dihati anak-anak. Hasilnya, after movie dari menonton film ini, tidak akan membuat bosan anak-anak dengan cerita yang diulang terus menerus. Rencananya, Pat A Pat: Como akan dibuat hingga 18 episode. Dimulai ketika Como berhasil lahir ke dunia dengan malu-malu menerobos cangkang telurnya hingga bagaimana Como menemukan beberapa sahabat barunya.

Animasi yang Apik, Hingga Soundtrack yang Ceria

Animasi yang disuguhkan oleh Alqolam ini nyaris tak ada cacat sedikitpun dari 4 episode yang telah dirilis. Mulai dari pemilihan warna yang terkesan kalem tapi tetap tegas hingga pergerakan frame per framenya tertata apik, bahkan ketika Como melakukan adegan ‘puk-puk’ andalannya. Selama kurang lebih 10-15 menit, anak-anak akan dimanjakan dengan kisah-kisah menyenangkan dari Como dan sahabat-sahabatnya. Meskipun tergolong animasi baru, namun film animasi ini layak disandingkan dengan beberapa animasi yang telah populer mendahuluinya.

Yang menariknya lagi, soundtrack dari Pat A Pat: Como ini bernuansa ceria, sehingga setelah menonton film animasi ini, anak-anak akan terbawa suasana dan ikut bernyanyi. Pembacaan narasi dari narator pun jelas dan tidak bertele-tele. Sebagai pelengkap filmnya, Alqolam juga mengeluarkan lagu andalan Pat A Pat: Como di channel youtubenya.

Tetap ada kekurangan dari setiap produksi. Pat A Pat: Como merupakan film animasi dengan cerita mirip naskah fabel. Sehingga hewan merupakan tokoh utama yang dapat berbicara dan hewan tidak seharusnya selalu memakai cangkang mereka dan hewan. Sehingga bagi anak usia dibawah 3 tahun perlu peran orang tua untuk menjelaskan lebih lanjut mengenai peran sesungguhnya.