Hal Pertama Yang Harus Dilakukan Saat Anak Kesetrum

0
942
anak kesetrum

Namanya anak-anak, mereka belum bisa memahami mana sesuatu yang berbahaya, mana yang tidak. Mereka hanya mengerti apa yang menarik perhatian dan bisa mereka mainkan. Nah, tentu orangtua perlu waspada dan lebih baik menjauhkan anak dari benda-benda yang berbahaya baginya.

Namun, terkadang meskipun orangtua sudah berusaha menjauhkan si Kecil dari benda-benda yang berbahaya, keadaan darurat kadang tak bisa dihindari. Termasuk juga terkait dengan sengatan listrik.

Untuk menghindari sengatan listrik pada anak-anak, kita tentu berusaha menjauhkan si Kecil dari sumber listrik, menutup soket listrik, dan jika perlu pindahkan soket listrik atau matikan arus listrik dari soket yang dapat dijangkau anak-anak.

Sengatan listrik sangat berbahaya

Menurut beberapa penelitian, kematian akibat luka sengatan listrik terbilang cukup tinggi. Hal ini berarti sengatan listrik sangatlah berbahaya. Mengingat bahwa tubuh manusia merupakan penghantar listrik yang baik (konduktor listrik).

Apabila tubuh tersengat listrik, listrik akan dihantarkan ke seluruh tubuh dan merusak banyak organ di dalam tubuh. Ini yang sering mengelabui kita sebagai penolong orang yang tersengat listrik. Karena terkadang luka di luar tubuh akibat sengatan listrik tidak begitu terlihat. Namun, luka-luka organ dalam tubuh bisa jadi fatal dan tak terlihat tandanya.

Berat atau tidaknya kerusakan organ dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain seberapa lama kontak dengan arus listrik terjadi, tipe arus listrik, dan seberapa kuat arus listrik yang menyengat.

Nah, tentu penting untuk Ayah dan Bunda mengetahui langkah pertolongan pertama jika si Kecil tersengat listrik.

Pertolongan pertama saat si Kecil tersengat arus listrik
  • Matikan sumber listrik atau cabut kabel yang menyebabkan sengatan listrik
  • Jika arus listrik tidak bisa dihentikan, dorong si Kecil dengan menggunakan alat yang tidak mengantarkan listrik seperti sapu, atau apapun yang terbuat dari kayu/karet/lainnya. Namun, hindari menggunakan alat yang basah karena air adalah penghantar listrik
  • Periksa denyut jantung dan pernafasannya
  • Hubungi tim medis agar segera ditangani dengan tepat
Jangan lakukan ini saat si Kecil tersengat listrik
  • Jangan memindahkan si Kecil kecuali jika ada potensi kebakaran atau ledakan. Karena sengatan listrik berpotensi menimbulkan komplikasi berupa kerusakan saraf dan patah tulang
  • Jangan menolong korban dengan tangan kosong atau tanpa alas kaki