Ikuti 9 Tips Ini, Anak Anda Jadi Hafidz Quran!

6
887

Semua orangtua ingin sekali anaknya menjadi seorang hafidz Quran, tidak terkecuali para Ayah-Bunda pembaca setia hafizfansclub.com. Ada banyak sekali keutamaan yang akan didapat, mulai dari keberkahan hidup yang akan selalu menyelimuti keluarganya, anak menjadi cerdas, dan kedua orang tuanya akan diberi dua pakaian yang bagus dan akan dipakaikan mahkota yang bercahaya dari syurga. Indah sekali, bukan!

Nah, untu para Ayah-Bunda yang ingin sekali anaknya menjadi hafiz Quran, yuk, praktekkan tips-tips berikut ini!

  1. Nafkahilah Anak dengan Rizki yang Halal

Rizki yang halal adalah tips pertama yang harus Ayah-Bunda lakukan untuk anak. Pastikan semua makanan yang masuk ke tubuh anak adalah makanan yang halal dan baik. Karena dengan memberikan makanan yang haram otomatis Allah Swt akan menolak semua kebaikan dan tujuan kita. Karena dengan memberikan anak makanan halal maka itu menjadi pintu pembuka mustajabnya doa. Ketika kita berdoa supaya anak dimudahkan menghafalkan Al-Quran, Allah Swt pun akan mengabulkannya.

  1. Perdengarkan Bacaan Al-Quran Setiap Waktu

Selalu perdengarkan anak-anak Ayah-Bunda dengan bacaan-bacaan Al-Quran. Tujuannya agar lafadz-lafadz Al-Quran yang terus didengar akan menjadi menempel dalam ingatan anak. Ayah-Bunda harus ingat bahwa anak-anak adalah seorang pendengar dan peniru yang baik sehingga ia mampu menyerap apa pun yang ada di lingkungannya, apalagi hal-hal yang dilakukan berulang kali. Kita bisa memutar bacaan Al-Quran melalui smartphone yang kita miliki atau dengan alat-alat yang lain.

  1. Orangtua Harus Memberi Contoh

Anak adalah cerminan orangtua. Ia selalu melihat, mendengar dan mempelajari apa saja yang dilakukan oleh orangtuanya. Lalu kemudian ia mencoba melakukannya sendiri. Jadi, apabia Ayah-Bunda ingin anaknya menjadi hafiz Quran otomatis orangtua juga harus mulai menghafal Al-Quran. Akan tetapi apabila sulit untuk menghafal Al-Quran, maka sempatkan setiap waktu ketika di rumah untuk selalu membaca Al-Quran dengan tartil.

  1. Ajak Anak Menghafal dengan Metode yang Asyik

Zaman dulu mungkin kita masih bisa menggunakan metode menghafal yang keras dan disiplin. Tidak hafal diberi hukuman atau sanksi. Tapi sekarang sudah berbeda. Gunakanlah metode-metode yang membuat anak tidak merasa tertekan ketika menghafal Al-Quran. Apabila usianya kurang dari 5 tahun, ajaklah ia menghafal sambil bermain dengan metode interaktif lansung membaca surah-surah pendek atau dengan media pembantu seperti dengan menempel huruf dan ayat-ayat di dinding.

  1. Sepakati Waktu yang Tepat untuk Menghafal

Apabila anak Ayah-Bunda sudah lebih dari 5 tahun, maka sepakatilah waktu yang pas untuk menghafal Al-Quran. Dengan sudah menyepakati waktu, berarti anak sudah siap untuk menghafal dan ia akan menjadi terbiasa dengan kegiatan tersebut.

  1. Siapkan Reward Setiap Kali Anak Mengalami Peningkatan

Semua anak senang deng Orangtua pun harus peka dengan apa yang mereka butuhkan. Dengan memberikan hadiah kecil terhadap pencapaian-pencapaiannya dalam menghafal Al-Quran akan menumbuhkan semangat menghafal yang luar biasa.

  1. Bila Anak Jenuh, Ajaklah Liburan

Orangtua yang bijaksana pasti ngerti dengan kondisi anak. Anak tidak bisa dipaksakan. Ia memiliki kondisi jenuh seperti yang sering dialami oleh orang dewasa. Kita akan mengetahui kondisi jenuh ini ketika anak tidak lagi semangat untuk menghafal Al-Quran atau ketika kita ajak untuk menghafal atau murajaah ia tidak mau. Maka, langkah yang harus Ayah Bunda lakukan adalah ajak mereka berlibur ke tempat-tempat yang menarik, ke taman rekreasi atau ke tempat makan yang enak.

  1. Jaga Konsistensi Menghafal & Murajaah

Menghafal Al-Quran banyak sekali tantangan. Ada orangtua yang ditantang dengan kesibukannya sehingga lupa jadwal menghafal si anak. Atau sebaliknya anak yan gtiba-tiba ogah-ogahan tidak mau lagi menghafal Al-Quran. Nah, orangtua perlu menjaga konsistensi ini dengan bijaksana sehingga anak mampu menghafal dengan happy tanpa ada tekanan dari pihak manapun.

  1. Jangan Lupa Berdo’a

Allah Swt adalah pemilik segala keputusan. Nah, apabila orangtua ingin sekali anaknya menjadi hafiz Quran, maka rajin-rajinlah berdo’a di setiap kesempatan. Yakinlah bahwa apa yang dilakukan adalah sesuatu yang mulia.

Itulah 9 tips mendidik anak untuk menjadi Hafiz Al-Quran. Selamat mencoba dan rasakan manfaatnya.

6 COMMENTS

  1. Sangat bermanfaat sekali.. ?o ya untuk poin no 4 ada metode menyenangkan lhoo sekarang untuk menghapal Al Qur’an dengan artinya.. Yaitu dengan membaca nya beserta gerakan tangan /tubuh yang menunjukkan isi dan arti ayat dan surat dibaca.. Pokoknya seru deh. Boleh di coba di browsing. ?