Ini 5 Faktor Penyebab Anak Susah Fokus

0
77
fokus

Fokus atau konsentrasi merupakan kemampuan untuk memusatkan perhatian dan juga pikiran pada satu objek atau kegiatan dalam waktu tertentu. Banyak anak yang sulit berkonsentrasi saat mereka mengerjakan sesuatu.

Apa masalahnya?

Berikut ini 5 penyebab yang menjadikan si Kecil sulit berkonsentrasi:

1. Anak tidak tertarik dengan kegiatan yang dilakukan

Anak yang tidak menyukai apa yang sedang ia lakukan akan sangat sulit berkonsentrasi. Meskipun Ayah dan Bunda memaksa mereka untuk berkonsentrasi, mereka tidak akan mampu fokus saat tidak menyukai apa yang dilakukan.

2. Adanya gangguan yang membuat sulit berkonsentrasi

Gangguan yang ada dari lingkungan atau situasi yang tidak mendukung menjadi salah satu faktor yang membuat anak kesulitan berkonsentrasi. Gangguan yang membuat sulit berkonsentrasi meliputi suara televisi, radio, gadget, atau suara berisik yang ada di sekitar.

3. Si Kecil sedang kelelahan

Kegiatan anak Anda yang padat, dimana ia harus masuk dan siap-siap berangkat sekolah pada pukul 7 pagi dan harus bangun lebih awal agar tidak terlambat. Bahkan tidak jarang mereka tidak sempat sarapan dan masih dalam keadaan mengantuk saat berangkat ke sekolah.

Kondisi inilah yang membuat tubuh fisik dan suasana hati anak-anak menjadi terganggu dan akhirnya akan kesulitan berkonsentrasi dan fokus saat berkegiatan.

4. Gaya belajar setiap anak berbeda

Masing-masing anak memiliki cara dan metodenya masing-masing untuk mempelajari hal yang baru. Ada anak yang belajar melalui penglihatan, pendengaran, dan juga gerakan.

Jika Ayah dan Bunda memaksa anak-anak untuk belajar dengan cara yang tidak ia sukai, maka mereka akan kesulitan untuk fokus dan berkonsentrasi.

5. Energi yang berlebihan pada anak

Ada tipe anak yang memiliki energi yang berlebihan dalam tubuhnya dan biasanya mereka tidak bisa duduk diam dalam waktu yang lama. Tipe anak seperti ini selalu ingin bergerak karena banyaknya energi yang harus dikeluarkan. Hal seperti inilah yang tidak disadari membuat anak kita kesulitan berkonsentrasi saat beraktivitas.

Nilai baiknya adalah energi yang besar di dalam diri anak bisa menjadi hal yang positif jika disalurkan dengan benar. Apalagi anak yang masih kecil memang membutuhkan energi yang besar untuk menjelajahi dunia yang ada disekitarnya.

Itulah beberapa penyebab yang membuat anak kesulitan untuk berkonsentrasi. Identifikasikan 5 hal di atas dan cari tahu apa yang membuat anak kesulitan berkonsentrasi.

Selamat bermanfaat!