Jangan Disia-siakan! Ini 5 Amalan yang Bisa Dilakukan Selama Bulan Rajab

1
164

Bulan Rajab memiliki keutamaan dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya, sebab Rajab merupakan salah satu dari 4 bulan haram dalam Islam. Beberapa bulan haram tersebut diantaranya adalah Dzulqaidah, Djulhijjah, Muharram, dan Rajab.

Di bulan yang suci itu, ada berbagai amalan yang bisa Anda lakukan untuk memperbanyak amalan ibadah.

Apa saja?

Berikut ini penjelasannya lebih lanjut.

1.Membaca Doa Awal Bulan Rajab

Dimana saat Rasullullah SAW memasuki bulan Rajab, beliau membaca doa yang artinya “Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Syaban ini dan sampaikanlah umur kami untuk bertemu Ramadhan”.

2.Lakukan Puasa Sunnah

Berpuasa merupakan bentuk amalan yang bisa Anda kerjakan selama bulan Rajab. Meskipun, sebenarnya Anda bisa berpuasa kapan saja kecuali hari-hari yang diharamkan seperti hari raya dan hari tasyrik.

Bulan Ramadhan pun menjadi ladang ibadah, dimana pada waktu tersebut semua umat Islam yang mampu dan memenuhi syarat diwajibkan untuk berpuasa.

Ada sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, dimana Rasullullah bersabda “Seutama-utamanya puasa setelah Puasa Ramadhan adalah puasa yang dilakukan di bulan haram (Dzulqaidah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab)

3.Memperbanyak Istighfar Di dalamnya

Rasulullah SAW bersabda: “Bulan Rajab merupakan bulan permohonan ampun bagi ummatku, maka hendaknya mereka memperbanyak istighfar di dalamnya”.

Jangan habiskan waktu luang hanya untuk bermain games dan chatting dengan teman, lakukan hal lain yang lebih bermanfaat dan bernilai di mata Allah SWT. Istigfar bisa menjadi aktivitas yang bisa  dilakukan selama bulan Rajab dan akan dinilai pahala dimata Allah SWT.

4.Jangan Lupa Bersedekah

Rasululah saw bersabda: “Barangsiapa yang membaca Istighfar di bulan Rajab  sebanyak 100 kali dan mengakhirnya dengan bersedekah, Allah akan mengakhirinya dengan rahmat dan maghfirah”.

Berikan sedekah dan sebagian rezeki yang Anda miliki kepada orang-orang membutuhkan. Anda tidak harus menyedekahkan uang, apapun yang Anda miliki bisa diberikan dengan ikhlas kepada orang lain yang membutuhkan. Jika Anda memiliki pakaian layak pakai, maka berikan pakaian tersebut sebagai sedekah yang Anda lakukan untuk menambah amal ibadah di bulan Rajab.

Memiliki makanan yang berlebih di rumah bagikan kepada tetangga lain yang ada di sekitar rumah. Yakinlah apapun bentuk sedekah yang Anda berikan akan dicatat dan bernilaI di mata Allah SWT.

Demikianlah amalan yang bisa Anda lakukan selama bulan Rajab untuk menambah amal ibadah. Semoga apa yang telah kami sampaikan di atas bisa menjadi pencerahan kepada Anda yang telah membacanya.

Jangan lupa untuk mengajak serta anggota keluarga untuk mengamalkan perbuatan baik di atas!

 

1 COMMENT