5 Tips Puasa Saat Perjalanan Mudik ke Kampung Halaman

0
50

Islam merupakan agama yang rahmatan lil’ alamin yang tidak akan memberatkan penganutnya dengan ajaran yang tidak akan bisa dijalankan. Dalam hal berpuasa pun Islam sudah mengatur dan memberi keringanan kepada orang yang sakit, ibu hamil, dan musafir yang menempuh perjalanan yang jauh untuk tidak berpuasa.

Namun, jika Anda tetap ingin berpuasa dan menjalankan ibadah saat perjalanan mudik ke kampung halaman. Sebaiknya Anda mengikuti 5 tips berpuasa saat perjalanan jauh di bawah ini:

1. Jaga stamina saat mudik

Stamina dan kondisi tubuh yang fit merupakan hal pertama yang perlu Anda persiapkan saat akan melakukan perjalanan jauh ke kampung halaman. Persiapkan stamina sebelum Anda berangkat, jangan pernah berangkat dan berjalan jauh saat kondisi tubuh tidak memungkinkan.

Mengonsumsi vitamin dan suplemen merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar bisa mendapatkan kondisi tubuh yang siap untuk melakukan perjalanan jauh.

2. Asupan nutrisi yang baik dan penuhi kebutuhan cairan

Waktu berbuka dan sahur merupakan saat yang tepat untuk memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh. Selai nutrisi penting juga untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh agar tetap terjaga.

3. Jangan lupa membawa persiapan berbuka

Perjalanan ke kampung halaman yang membutuhkan waktu yang lama sangat besar kemungkinan Anda dan keluarga berbuka di jalan. Sebaiknya Anda mempersiapkan buka puasa sebelum berangkat, daripada harus membeli makanan di luar yang kualitas dan kebersihannya tidak terjaga dengan baik.

Tidak perlu mempersiapkan makanan yang rumit dan merepotkan, sebab Anda bisa membawa bekal yang sederhana untuk berbuka seperti roti gandum, air mineral, dan kurma.

4. Jangan memaksa diri Anda, istirahat saat tubuh mulai lelah

Tahukah Anda bahwa sebagian besar kecelakaan terjadi akibat pengemudinya mengantuk atau kelelahan saat mengemudi. Jika tubuh dalam kondisi yang lelah, jangan paksakan diri untuk terus melanjutkan perjalanan. Carilah tempat yang aman seperti stasiun pengisian bahan bakar atau rest area sebagai tempat untuk beristirahat sementara.

5. Bawa makanan ringan, jika Anda mudik bersama anak-anak

Anak-anak yang ikut bersama dalam perjalanan biasanya akan rewel saat perut mereka lapar dalam perjalanan. Jangan ambil resiko untuk membeli makanan dari luar, sebaiknya Anda membuat makanan ringan yang lebih sehat sebagai makanan selama perjalanan untuk mereka.

Bagaimana sangat mudah dan sederhana untuk diterapkan bukan?

Semoga dengan informasi yang telah kami sampaikan di atas bisa membantu Anda yang akan menempuh perjalanan mudik ke kampung halaman yang sangat jauh.

Selamat mencoba!