Kapan Usia Tepat Ajarkan Anak Membaca Al Quran?

4
555

Orangtua mana yang tak bangga memiliki putra dan putri pandai membaca Al Quran? Terlebih–lebih lagi jika sang anak bisa menghafal Al Quran hingga 30 juz. Jangankan 30 juz, satu ayat saja sudah bahagia bukan main.

Al Quran merupakan pedoman dan penuntun hidup umat Muslim. Sehingga tidak heran jika kemudian orangtua merasa wajib mengajarkan anak–anak mereka bisa membaca Al Quran sejak dini.

Bagi yang berada di perkotaan, tentu akan lebih mudah mencari fasilitas seperti sekolah yang mengajarkan membaca Al Quran sejak belia dengan metode–metode yang tepat dan cepat mahir.

Tetapi, bagi yang tinggal di pedesaan, harus rela berusaha ekstra mengajarkan si buah hati membaca Al Quran dengan metode masing–masing orang tua. Ada yang Qiroati, Ummi, dan sebagainya.

Usia Tepat Mengajarkan Anak Membaca Al Quran
  • Islam sendiri meminta orang tua mengajarkan anak sholat pada usia 7 tahun atau sekitar usia Sekolah Dasar. Apabila anak sudah berusia 10 tahun, maka jika anak menolak sholat, boleh dipukul dengan pukulan yang tidak menimbulkan bekas luka.
  • Sementara itu, tidak diperintahkan secara pasti kapan anak boleh diajarkan membaca Al Quran. Menurut kalangan ulama, usia yang paling utama untuk mulai mengajarkan Al Quran, adalah saat anak di dalam kandungan. Yaitu diperdengarkan murottal atau lantunan ayat Al Quran. Baik dari mendengar murojaah orang lain atau dari bacaan sang ibu hamil.
  • Sedangkan, tak sedikit pula yang menyebutkan usia tepat untuk mengajarkan anak membaca Al Quran adalah umur 3 tahun. Atau saat anak sudah mulai berbicara banyak. Daya ingat dan memori anak usia balita begitu dahsyat. Bahkan, bisa melekat kuat hingga dewasa.

Adapun untuk metode mengajarkan anak membaca Al Quran di antaranya:

Orang tua yang menjadi guru pengajar

Anak – anak biasanya akan merasa lebih nyaman jika diajarkan oleh kedua orang tua. Ingatan yang positif ini juga membentuk pribadi yang baik. Mereka mengingat orang tua sebagai guru yang mengajarkan membaca Al Quran pertama kali dalam hidup mereka.

Surat – surat pendek Al Quran

Pilih hafalan surat – surat pendek Al Quran yang ada dalam juz 30. Manfaatkan daya memori anak yang sangat kuat dengan melantunkan surat – surat pendek dengan metode lagu atau Qiroati. Atau bisa juga dipotong menjadi beberapa kalimat maupun per ayat.

Kunci hafalan surat pendek adalah diulang – ulang dengan suara nyaring atau suara keras. Maka, anak – anak akan lebih cepat hafal.

Jelaskan makna surat Al Quran

Anak – anak berpotensi lebih tertarik jika mendapatkan penjelasan tentang surat –surat pendek atau ayat l Quran yang dibaca. Bahkan, metode menghafalkan Al Quran yang terbaru menggunakan gerakan tangan untuk “memperkuat” makna surat tersebut. Misalnya, saat anak membaca surat Al Fil yang berarti gajah. Maka, tangannya mengisyarat belalai seperti gajah, dan sebagainya.

Itu dia beberapa tips mengajarkan anak agar lebih mudah membaca maupun menghafal Al Quran. Sesuai dengan sabda Rasul, sebaik-baik manusia adalah yang belajar Al Quran kemudian mengajarkannya kepada orang lain maupun keluarganya.

 

4 COMMENTS