Kiat Orangtua Ajarkan Anak Agar Baik Hatinya

0
1760

Sikap anak-anak dibentuk sejak dini seperti yang kita ketahui ketika anak-anak masih kecil sangat mudah mendapat pengaruh dari luar diri mereka dan beberapa faktor yang berpengaruh diantaranya lingkungan, bimbingan orangtua, Tontonan dan lainnya. Oleh sebab itu agar kita sebagai orangtua yang menginginkan anak kita memiliki sikap yang baik maka kita memperhatikan faktor-faktor tersebut.

Tentu juga kita ingin agar anak-anak kita memiliki hati yang baik dan tidak kasar, agar anak tersebut ketika besar menjadi pribadi yang positif dan baik. Nah, berikut kiat untuk orangtua agar anak kita menjadi anak yang saleh dan berhati baik diantaranya:

1. Tunjukan sikap yang baik di depan anak

Semua sikap dan perilaku kita sebagai orangtua sangat berpengaruh terhadap anak kita karena anak-anak akan menyerap apa yang dilihat dan akan dilakukannya. Oleh sebab itu kita mesti menunjukkan sikap baik di depan anak-anak agar anak lebih menghormati orangtuanya, memiliki akhlak dan sikap yang baik, serta membangun kepribadian yang positif.

2. Jangan membentaknya

Ketika anak bersikap kurang baik kadang suka membuat kita marah dan jengkel. Akan tetapi jangan sampai kita membentaknya karena selain berdampak tidak baik untuk sikap anak, membentak juga akan berdampak pada mental anak.

Rasulullah dulu pernah menegur seorang ibu. Anaknya sedang bermain dengan dan digendong oleh Rasulullah SAW. Lalu dia pipis mengenai pakaian Rasul SAW. Lalu kemudian anak kecil itu segera dimarahi dan direnggut dengan kasar oleh ibunya karena mengencingi Rasulullah SAW. Lalu Rasulullah menegur dan bertanya, “mengapa engkau memarahi dan merenggutnya dengan kasar?” Ibu itu menjawab alasannya.

Rasulullah SAW lalu bersabda, “Sesungguhnya baju yang kotor ini bisa dicuci dan dihilangkan kotorannya, namun siapa yang bisa menghilangkan kekeruhan jiwa seorang anak atas bentakan dan renggutan yang kasar yang telah dilakukan kepadanya.” (HR Muslim)

3. Sering diperdengarkan bacaan Al Quran

Bacaan Al Quran memiliki dampak yang luar biasa tidak hanya pada anak, bahkan untuk orangtua. Seperti artikel ini yang menceritakan bacaan Al Quran yang membuat jin terpikat. Jadi pasti bacaan Al-Quran sangat berdampak pada anak karena mudah dalam menyerap sesuatu. Manfaat lain diantaranya berpengaruh pada kecerdasan emosi anak, kecerdasan intelektual, bahkan akhlak yang baik.

4. Awasi tontonannya

Anak mudah meniru apa yang ditontonnya, sehingga kita mesti memilih mana tontonan yang dapat membuat anak memiliki sikap yang baik.

Penjelasan di atas merupakan beberapa dari kiat-kiat kita sebagai orangtua agar anak kita menjadi anak yang memiliki sikap yang baik, selain itu masih banyak kiat orang tua agar membuat anak menjadi pribadi yang baik. Jangan sampai kita sebagai orang tua terlambat memperhatikan hal-hal yang berpengaruh terhadap sikap anak kita.