Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil dan Anak-Anak

2
218

Siapa yang tak mengenal buah kurma? Buah berwarna cokelat gelap dengan rasa yang sangat manis ini menjadi sangat mudah ditemui saat Ramadhan tiba. Ya, kurma memang buah yang menjadi sunnah Rasulullah SAW ini baik untuk kesehatan bila dikonsumsi secara rutin. Manfaat kurma untuk kesehatan tubuh tak diragukan lagi. Termasuk, kurma juga sangat bermanfaat untuk dikonsumsi ibu hamil dan anak-anak. Cukup dengan konsumsi 3 butir kurma setiap harinya dan banyak manfaat yang bisa dirasakan.

Namun, seperti apa kandungan buah kurma sehingga sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil dan anak-anak?

  1. Asam Folat

Kurma mengandung folat atau asam folat (vitamin B9) yang merupakan kebutuhan penting bagi ibu hamil dan bermanfaat untuk  janin. Saat masa awal kehamilan, asam folat berperan penting dalam pembentukan sel-sel otak dan sumsum tulang belakan bayi. Sehingga menurunkan resiko cacat lahir pada bayi.

Jika ibu hamil kekurangan asam folat, maka dapat memperbesar resiko mengalami gangguan pada fungsi otak pada janin, perkembangan janin yang tidak normal, kelainan pada bayi saat lahir, serta lambatnya perkembangan jaringan otak dan sel tubuh pada janin.

  1. Asam Amino

Tak kalah penting dengan asam folat, ibu hamil membutuhkan asam amino yang cukup tinggi di trimester pertama kehamilannya. Asam amino melengkapi asam folat yang bermanfaat untuk perkembangan otak janin. Kurma mengandung protein yang terdiri dari asam amino. Yang perlu diingat, tidak semua sumber makanan yang mengandung protein, ia mengandung asam amino juga ya, Bunda.

Untuk anak-anak, asam amino juga bermanfaat bagi tumbuh-kembang mereka, seperti kecakapan, kecerdasan, dan kemampuan otak bekerja lebih baik.

  1. Zat Besi

Zat besi mempunya peran penting dalam proses metabolisme tubuh seperti:

  • sebagai penghantar oksigen terserap oleh semua sel-sel tubuh
  • mencegah anemia pada anak dan meningkatkan imunitas anak-anak
  • Bagi ibu hamil, zat besi mencegah anemia, membantu pembentukan plasenta dengan baik dan mencegah pendarahan saat persalinan
  • zat besi juga mengurangi resiko bayi terlahir kekurangan berat badan
  1. Serat

Kurma memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Dalam 100 gram kurma, terdapat sekitar 7.1 gram serat. Ya, serat penting untuk menjaga sistem pencernaan yang sehat. Apalagi bagi ibu hami yang sering mengalami keluhan sembelit. Serat juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat selama hami dan cepat menurunkan berat badan setelah persalinan.

  1. Kalium

Kalium merupakan salah satu elektrolit yang kandungan cukup tinggi dalam buah kurma. Untuk anak-anak, kalium berfungsi untuk oertumbuhan tulang dan gigi mereka. Sedangkan untuk ibu hamil, fungsi kalium antara lain:

  • membantu menjaga keseimbangan air selama kehamilan
  • membantu mengoptimalkan fungsi saraf dan otot ibu Hamil
  • Kekurangan kalium dapat menyebabkan masalah ginjal
  1. Gula alami

selama masa kehamilan, tubuh Bunda akan membutuhkan banyak energi. Kurma memiliki kandungan gula alami yang sangat tinggi. Dari 100 gram kurma, terkandung sekitar 56.39 gram gula alami. energi dari 100 gram kurma sekitar 251 kkal. Energi ini juga penting untuk Bunda saat persiapan persalinan. Nah, untuk anak-anak Kandungan gula alami ini juga cukup baik untuk sumber energi.

  1. Hormon oksitosin

Kurma merangsang pelepasan hormon oksitosin. Hormon ini bermanfaat untuk memberikan rasa rileks pada ibu hamil, memperlancar proses persalinan. Jika tetap Bunda konsumsi selama masa menyusui, hormon oksitosin bermanfaat untuk memperlancar ASI.

Tips Memilih Kurma yang Berkualitas

  • Warna kurma

Warna kurma yang cokelat kemerahan atau kekuningan memiliki kualitas yang lebih baik. Selain warna ini, terindikasi bahwa kurma sudah difragmentasi. Jika warna kurma terlalu merah sehingga terlihat kehitaman, berarti buahnya kurang baik dan sudah lama.

  • Kulit kurma

Pilih kurma dengan kulit yang masih terlihat baik dan bagus. Kurma yang kulit luarnya sudah rusak dapat mempengaruhi rasanya

  • Masih terdapat batang di bagian bawahnya

batang yang masih utuh pada bagian bawah dipercaya dapat mempertahankan rasa manis pada buah kurma.

  • Pilih kurma yang tidak lengket

Biasanya kurma yang lengket karena ditambah gula atau pemanis oleh penjual. Padahal kurma yang kualitasnya masih baik tidak memerlukan tambahan pemanis.

 

2 COMMENTS