Mau Anak Pandai Berbahasa Asing? Simak Tips Mudah Ini ya, Bunda

0
71
kemampuan bahasa anak

Saat ini kemampuan anak untuk menggunakan lebih dari 1 bahasa dirasa sangat penting untuk menunjang kehidupannya di masa depat kelak. Bahasa merupakan alat berkomunikasi, sehingga saat anak mampu menggunakan banyak bahasa akan semakin mudah juga mereka untuk berkembang.

Hal yang menjadi persoalan adalah banyak orangtua bingung kapan waktu yang tepat untuk mengajarkan mereka berbahasa kedua selain bahasa ibu.

Nah, simak penjelasannya di bawah ini untuk waktu yang teoat anak belajar bahasa lain:

Waktu yang tepat mengajarkan mereka bahasa kedua

Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa semakin dini Ayah dan Bunda mengajarkan anak bahasa kedua, maka akan semakin baik. Hal ini dianggap lebih baik karena semakin dini sang anak diperkenalkan dengan bahasa baru, maka akan semakin mudah juga ia untuk belajar. Ditambah lagi fakta bahwa masa kanak-kanak merupakan masa di mana si Kecil memiliki banyak sekali waktu untuk belajar hal-hal yang baru.

Usia yang tepat mengajarkan mereka

Pada umumnya, pada usia 3 tahun anak mulai fasih untuk berbahasa ibu. Dan pada tahapan ini mereka dianggap sudah siap untuk belajar bahasa yang baru. Usia 3 tahun dianggap sangat tepat untuk mengajari mereka. Karena pada usia tersebut anak tidak akan kesulitan untuk membedakan mana bahasa ibu dan mana bahasa kedua.

Fakta yang mencengangkan adalah 50% kemampuan belajar anak akan berkembang pada usia 1 tahun dan 30% akan berkembang pada usia 8 tahun. Dengan adanya fakta ini artinya pada usia 8 tahun adalah periode yang sangat baik untuk anak banyak belajar dan berkembang. Selain itu anak-anak yang berusia 8 tahun juga lebih mudah untuk belajar bahasa baru. Sebab pada masa ini otak anak mampu menyerap lebih banyak informasi dan berbagai pengetahuan lebih mudah.

Segera ajarkan anak bahasa kedua

Berdasarkan penjelasan di atas menunjukkan bahwa semakin dini memperkenalkan si Kecil dengan bahasa baru, maka akan semakin mudah juga ia menerimanya. Bukan hanya itu saja, sebab semakin dini ia belajar akan semakin baik ia meniru suara baru dan cara pengucapannya. Masa anak-anak inilah saat di mana otak berkembang secara maksimal.

Dengan mengajarkan anak bahasa kedua, maka akan ada beberapa manfaat yang bisa Ayah dan Bunda dapatkan. Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard memperlihatkan bahwa belajar bahasa tambahan akan meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada anak, meningkatkan kreativitas, dan fleksibilitas pikiran pada anak.

Semoga informasi yang telah kami sampaikan di atas bisa memberikan banyak manfaat untuk Ayah dan Bunda semua yang telah membacanya.