Meneladani 4 Sikap Wajib Nabi dan Rosul untuk Diajarkan Kepada Anak Sejak Dini

0
2826

Seperti yang kita tahu, nabi kita Muhammad SAW dan para rasul yang lain memiliki sifat yang terpuji bahkan mulia. Sehingga kita berharap anak kita memiliki sifat-sifat terpuji mengikuti nabinya.

Sikap terpuji nabi Muhammad sangat banyak, bahkan setiap perilakunya sehari-sehari memiliki suri tauladan yang mesti kita contoh. Diantara sifat terpuji nabi ada 4 sifat yang wajib dimiliki nabi dan rasul yang mesti kita ajarkan kepada anak-anak kita sejak dini.

  1. Shiddiq (Jujur)

Jujur adalah sikap menyatakan sesuatu sesuai dengan fakta yang ada. Sifat kejujuran Nabi Muhammad SAW sudah sangat terkenal tidak hanya diakui oleh teman dekatnya bahkan diakui juga oleh musuhnya. Satu kesaksian lain yaitu kesaksian musuh beliau, Abu Jahal. Ali r.a meriwayatkan bahwa Abu Jahal berkata kepada Nabi saw,

“Kami tidak mengatakan engkau dusta. Namun, kami menganggap dusta ajaran yang engkau bawa”.

Sehingga Nabi Muhammad mendapat gelar Al-Amin yaitu seorang yang dapat dipercaya. Jadi anak kita pun mesti di ajarkan sifat jujur dimana akan memberi manfaat untuknya dan juga membawa nama baik orang tuanya.

  1. Amanah ( Dapat Dipercaya )

Selain jujur sifat wajib nabi lain yaitu amanah, amanah merupakan sikap yang dapat di percaya, apabila suatu urusan di percayakan kepadanya maka di akan melaksanakan urusan tersebut dengan sebaik-baiknya. Sebagaimana nabi Muhammad SAW di berikan amanah untuk menyampaikan ajaran Islam kepada umat manusia dan nabi melaksanakan tugas itu dengan sebaik-baiknya mesti taruhan nyawa, jiwa dan raga bahkan di ancam untuk di bunuh sekalipun akan tetapi nabi tidak gentar akan rintangan itu karena nabi harus menjalankan amanah itu.

 “Aku menyampaikan kepadamu amanat Tuhanku dan pemberi nasihat yang terpercaya kepada kamu.” ( Al A’raf 68)

Mengajarkan sifat amanah akan membuat anak bertanggung jawab atas tugas yang di milikinya sehingga dia akan melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya.

  1. Tabligh (Menyampaikan)

Sifat tabligh yang artinya menyampaikan yaitu sifat wajib nabi menyampaikan seluruh ajaran yang diterima dari Allah SWT berupa wahyu yang disampaikan kepada umat manusia agar menjadi pedoman hidup bagi manusia. Nabi Muhammad menyampaikan seluruh ajaran yang diterima nya dari Allah SWT bahkan sampai yang hal yang terkecil pun nabi menyampaikannya sehingga umat manusia mempunyai pedoman dalam kehidupannya.

  1. Fathonah (Cerdas)

Sifat fathonah yang artinya cerdas merupakan sifat yang pasti di miliki sebab betapa sulitnya tugas yang di emban nabi Muhammad SAW  sehingga nabi  wajib memiliki sifat cerdas. Banyaknya firman Allah yang di sampaikan  oleh nabi menunjukkan betapa cerdasnya nabi Muhammad SAW dan juga nabi sampai menjelaskan maksud dari firman Allah SWT. Kecerdasan yang di miliki nabi terlihat di berbagai bidang, diantaranya bidang ekonomi, politik, keilmuaan, dan bidang lainnya. Dalam kepemimpinannya kecerdasan nabi di tunjukan dalam mengatur pasukan ketika menghadapi perang badar, dimana pasukan muslim yang berjumlah hanya ratusan menghadapi pasukan kafir Quraish yang berjumlah ribuan dapat di kalahkan karena kecerdasan nabi mengatur pasukan dan juga kecerdasan spiritual nabi. Jadi dengan meneladani sifat cerdas nabi kita dapat melewati berbagai rintangan dalam kehidapan sehari-hari.