Mengapa Kita Tak Boleh Meniup Makanan Atau Minuman?

4
654

Assalamu’alaikum Sahabat Hafiz dan Hafizah,

Kalau makanan atau minuman yang mau dimakan masih panas, apa yang Sahabat Hafiz lakukan? Waah, hati-hati yaa, lebih baik tunggu dingin dulu makanan atau minumannya agar dapat disantap tanpa meniupnya. Karena ada hadits yang melarang kita untuk meniup makanan atau minuman yang akan kita makan. Begini bunyi hadits-nya:

“Makanan itu belum boleh dinikmati sehingga asap panasnya hilang.” (HR. Al Baihaqi dengan sanad shahih)

Selain itu ada hadits lain yang berbunyi:

“Bahwasanya Nabi Shallallahu alaihi wa salam melarang bernafas pada bejana minuman atau meniupnya.” (HR. At Turmudzi dan dishahihkan oleh Al-Albani)

Kira-kira kenapa ya, sampai-sampai Rasulullah SAW melarang kita meniup makanan dan minuman panas saat kita akan menyantapnya?

Reaksi kimia dapat mempengaruhi kerja tubuh

Di sekolah, Sahabat Hafiz sudah belajar Ilmu Pengetahuan Alam atau Kimia? Yang perlu diingat adalah manusia bernafas menghirup oksigen atau dalam unsur kimianya adalah O₂. Lalu kita akan mengeluarkan karbondioksida atau CO₂. Sementara itu makanan atau minuman panas mengeluarkan uap air atau H₂O.

Nah jika dijelaskan melalui reaksi kimia, berikut penjelasan:

H₂O + CO₂ => H₂CO₃

Lalu, apakah H₂CO₃ itu? H₂CO₃ adalah senyawa asam karbonat (carbonat acid) di mana darah kita sebenarnya mengandung ikatan senyawa ini (H₂CO₃) yang berguna untuk mempertahankan pH atau menjaga keseimbangan asam-basa darah. Namun, jika tubuh mendapatkan asupan H₂CO₃ dari luar, seperti dari makanan yang kita tiup, akan membuat membuat kelainan pada keseimbangan asam dan basa dalam darah kita.

Nah, lama-kelamaan jika H₂CO₃ semakin banyak yang masuk ke tubuh kita, ini akan mengganggu mekanisme tubuh dan bisa menimbulkan beberapa penyakit, seperti kelelahan, mengantuk, hingga mual, dan kebingungan.

Mulut kita adalah rumah berbagai bakteri

Sahabat Hafiz ingat iklan-iklan pasta gigi yang menyebutkan kalau mulut kita adalah rumah bagi para bakteri? Nah, itu tidak salah lho. Dari sisa-sisa makanan yang kita makan, bakteri yang tidak terlihat oleh mata itu hidup di mulut kita. Ada bakteri baik, ada juga bakteri jahat yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Yang berbahaya adalah ketika kita meniup makanan atau minuman dingin, bakteri itu akan berpindah dari ke makanan-makanan yang akan kita makan. Nah jika bakteri ini masuk ke dalam tubuh, ia bisa menyebabkan banyak penyakit. Oleh sebab itu, jangan lupa gosok gigi setelah makan dan jangan meniup makanan atau minuman panas ya. Agar bakteri jahat tidak masuk ke dalam tubuh kita.

Nah, sudah tahu kan kenapa kita dilarang meniup makanan atau minuman panas. Jadi, kalau mau makan atau minum, sabar dulu sampai makanan dan minuman dingin, baru deh bisa kita santap. Hmmm pasti lezaat.  

4 COMMENTS

  1. Sudah pernah tahu hal tesebut, tapi yang namanya tergesa gesa ingin minum / makan walaupun makanan / minuman masih panas ya langsung hajar saja, dengan ditiup tiup dulu makanan / minuman panasnya tersebut. Semoga dengan penjelasan detail tersebut, kita bisa merubah perilaku yang tidak baik itu.