3 Metode Menidurkan Bayi

2
327
1. Metode ferberizing, dipopulerkan oleh Richard Ferber

Metode ini untuk mengatasi masalah tidur pada bayi/melatih tidur sesuai jadwal tidurnya.

Caranya: setelah diketahui jadwal tidur bayi, letakkan bayi di tempat tidur, tinggalkan secara bertahap yaitu malam pertama selama 3 menit, malam kedua 5 menit, selanjutnya 7-10 menit sampai bayi tertidur sendiri.

Dalam metode ini perlu diwaspadai bila bayi menangis, apa penyebab bayi menangis? Seperti tersedak atau terbentur sesuatu yang keras, bila tidak ada masalah dapat membiarkan bayi menangis hingga 5 menit sambil mendengarkan suara lembut bunda tanpa menggendongnya.

2. Metode Self Soothing

Metode ini membiarkan bayi untuk tidur semdiri, membiasakan jadwal tidur dan juga menenangkannya dengan verbal, membacakan buku cerita, suasana lampu yang redup. Metode ini memerlukan waktu minimal satu minggu hingga bayi bisa terlelap, selanjutnya putarkan lagu yang dapat membuat bayi tenang sebagai pengantar tidurnya.

3. Metode No Cry

Metode ini cocok untuk bunda yang tidak ingin bayi menangis di malam hari, bunda ingin lebih dekat dengan bayi dan tidak keberatan ketika bangun sepanjang malam. Apabila bayi terbangun, sentuhan lembut dan pemberian ASI akan membuatnya kembali mengantuk. Pada metode ini, apabila tidur seranjang harus memperhatikan kenyamanan dan resiko bayi tertindih.

2 COMMENTS