Pat a Pat: Como Salah Satu Jalan Keluar Edukasi Anak di Era Perkembangan Teknologi

0
124
mengajarkan nilai positif pada anak

Kemajuan teknologi dewasa ini menjadi sebuah gelombang besar perubahan yang tidak dapat dibendung lagi. Hampir semua aspek kehidupan tak lepas dari peranan teknologi maju.

Hal ini tentunya membawa dampak besar baik positif maupun negatif. Salah satu dampak negatif yang muncul adalah berkembangnya teknologi gadget yang sedemikian pesatnya mampu mengalihkan perhatian tak hanya orang dewasa tapi juga anak anak.

Tak jarang anak-anak lebih memilih bermain gadget, bahkan hingga abai terhadap keadaan disekitarnya. Tentunya hal ini membuat para orangtua khawatir. Orangtua harus memutar otak untuk dapat mengajarkan nilai-nilai positif kehidupan kepada anak anak.

Disisi lain, perkembangan teknologi yang ada juga memberikan kesempatan bagi pengembangan metode pengajaran dan pembimbingan anak. Telah banyak bermunculan aplikasi atau konten yang ditujukan untuk pendidikan anak yang dikemas secara menarik.

Salah satunya adalah film anak anak berjudul Pat A Pat: Como.  Ini adalah sebuah film animasi hewan yang sarat dengan nilai-nilai kehidupan yang sangat berguna untuk pendidikan anak. Film ini diadaptasi dari versi aslinya ke dalam versi Bahasa Indonesia dan disajikan secara online di situs Youtube pada Channel Alqolam Official.

Sebagai film yang diadaptasi dari bahasa lain, film ini menggunakan konversi bahasa yang sangat rapi dengan sinkronisasi yang tepat antara suara dan gerakan. Pemilihan bahasanya pun juga sangat sederhana sehingga mudah dipahami. Animasi ini juga didukung dengan baik dengan penggunaan intonasi-intonasi yang menarik di telinga anak kecil. Kesulitan para orangtua untuk mengajarkan nilai nilai kehidupan pada anak anak seolah terjawab dengan adanya film ini.

Para Penghuni “BANDI FARM”

Sebagaimana judulnya, karakter yang dominan pada film ini adalah Como, seekor anak ayam mungil yang lucu. Como bertempat tinggal disebuah kebun yang indah bernama BANDI FARM atau Kebun Kunang-Kunang yang dihuni oleh berbagai hewan dan tumbuhan disekitarnya. Kehadiran Como tentu saja memberi warna baru pada lingkungan kebun di mana dia berada dengan sifat Como.

Karakter Como yang lugu, riang dan baik hati sangat menonjol di sepanjang durasi film. Como memiliki keahlian “Pat a Pat” atau “puk-puk”. Kemampuan ini biasa Como gunakan untuk menghibur teman temannya yang sedang sedih ataupun untuk membuat suasana menjadi ceria kembali.

Selain Como, karakter lain yang ada pada film ini antara lain Bomi si Ibu Como, Wormy si cacing merah sabahat Como, kemudian Toto si anak ayam kota yang cerdas, dan Wooba anak itik yang tinggal di hutan liar dekat dengan Bandi Farm.

Rangkaian Nilai Kehidupan dalam Kemasan Animasi yang Berkualitas

Pat a Pat:Como memiliki pengajaran nilai-nilai seperti kebaikan, setia kawan, ketulusan, empati, tanggung jawab, dan masih banyak lagi nilai nilai yang bisa didapat dari film ini.

Pada tiap episode-nya film Pat a Pat: Como membawakan cerita ringan dan sederhana yang mudah dipahami dan mudah untuk dicerna oleh anak anak dan dapat dengan mudah diceritakan ulang oleh orangtua kepada anak anaknya.

Disamping cerita cerita ringan di tiap episode nya, juga terdapat lagu lagu berbagai tema pas untuk dunia anak, seperti lagu tentang sikat gigi, lagu tentang persahabatan, dan tema tema yang lainnya.

Dari segi visual, film Pat a Pat: Como ini menyuguhkan kualitas grafis yang sangat bagus. Baik dari segi penggambaran bentuk karakter maupun dari segi eksekusi animasi tiap scene-nya. Penggambaran tiap tokoh nya sangat detail. Demikian juga dengan gerakan tiap karakter di dalam nya sangat halus dan alami.

Pat a Pat: Como memiliki visual yang menarik dengan kombinasi warna warna mencolok yang menarik bagi anak anak. Kelebihan visual film ini tentunya akan membuat anak anak betah menonton setiap seri dari film ini.

Secara singkatnya, film Pat A Pat:Como  ini dapat menjadi sarana yang menyenangkan bagi orangtua untuk melewatkan waktu berkualitas dengan anak anaknya. Bagaimana Ayah Bunda? Sudah siapkah menemani anak anak menonton Film ini? Tentu saja sekaligus bisa mengajarkan nilai nilai positif kehidupan pada anak anak.

Selamat menyaksikan.