Penyakit Akibat Radiasi Ponsel dan Cara Mencegahnya

0
38
radiasi ponsel

Smartphone (ponsel pintar) saat ini semakin tidak bisa dijauhkan dari kehidupan manusia. Mulai dari anak-anak hingga kakek-nenek. Dari sekedar untuk berkomunikasi, bermedia sosial, berjualan, atau bermain games. Tak kurang dari 2 jam per hari kita akan kontak langsung dengan smartphone.

Bahkan dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa anak dan remaja usia 5 -16 tahun menghabiskan waktu 5 jam lebih sehari untuk beraktivitas dengan smartphone. Padahal, smartphone dan gadget  menghasilkan paparan radiasi yang paling tinggi dibanding dengan alat elektronik lainnya.

Nah, Bunda radiasi smartphone tidak bisa disepelekan ya. Ada beberapa penyakit mata yang disebabkan oleh radiasi ponsel menurut dr. Nurmarwiyah, antara lain:

1. Resiko terkena Blepharitis

Blepharitis merupakan gangguan mata yang ditandai dengan kelopak mata yang memerah dan bengkak. Gejala lainnya yang bisa dirasakan seperti mata menjadi kering, cepat lelah, dan ada perasaan mata seperti berpasir. Gangguan mata ini muncul karena penggunaan ponsel yang terlalu lama. Jika lkondisi mata seperti ini dibiarkan, maka bisa menjadi penyebab penyakit lainnya.

2. Tekena Blurry Vision

Radiasi ponsel juga dapat menyebabkan mata terkena blurry vision. Ditandai dengan otot mata menjadi tegang sehingga membuat mata tidak mampu untuk fokus dengan cepat pada jarak yang berbeda atau penglihatan kabur.

3. Kerusakan pada retina

Radiasi smartphone dan sinar biru (blue light) dapat menyebabkan kerusakan pada retina atau disebut sebagai degenerasi makula. Rusaknya retina dapat menyebabkan hilangnya penglihatan sentral, yaitu kemampuan untuk melihat benda yang ada di depan kita.

4. Memicu terjadinya katarak

Bun, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa radiasi HP dapat memicu terjadinya katarak. Radiasi dari ponsel dapat menyebabkan jaringan mata menggelembung yang merupakan gejala awal munculnya katarak. Pada beberapa kasus, radiasi ponsel ini juga dapat menyebabkan kanker mata lho, Bunda.

Nah, untuk itu kita perlu melindungi mata dari radiasi HP ini. Apalagi untuk mata anak-anak yang tentu lebih rentan terkena radiasi jika tingkat paparannya lebih tinggi atau lebih lama menggunakan ponsel. Untuk melindungi mata, yang perlu kita lakukan:

  • Aturlah pencahayaan pada layar ponsel agar tidak terlalu terang dan tidak terlalu redup juga
  • Atur jarak mata dengan ponsel. Biasanya jarak amannya sekitar 50-70cm dari mata
  • Jangan menggunakan ponsel dalam keadaan ruangan yang gelap
  • Jangan menggunakan ponsel sebelum tidur
  • Lebih baik, matikan ponsel saat sudah mendapat sinyal. Karena ketika ponsel sedang mencari sinya, ponsel akan mengeluarkan radiasi yang lebih besar
  • Gunakan kacamata anti radiasi untuk melindungi mata dari paparan radiasi secara langsung
  • Pasang anti radiasi pada layar ponsel
SHARE
Previous articleAnak adalah Masa Depan Kita
Hafiz Hafizah
Hafiz Fans Club merupakan website informasi seputar Parenting