Penyebab, Pencegahan, dan Cara Atasi Bayi Cegukan

2
4356

Kalau orang dewasa cegukan, biasanya langsung ditangani dengan minum air putih. Dalam sekejap, cegukan pun akan hilang. Yang jadi masalah, bagaimana jika Si Kecil cegukan. Di usianya yang hanya beberapa minggu atau bulan, rasanya sulit untuk membuatnya minum air putih.

Kenapa Si Kecil Cegukan?

Cegukan atau hiccups atau dalam bahasa medis disebut singultus, merupakan kontraksi tiba-tiba yang tidak disengaja pada diafragma. Akibat kontraksi ini timbul hisapan udara secara mendadak yang masuk ke dalam paru-paru melewati ruang antara pita suara (glottis).

Hal inilah yang kemudian menyebabkan terjadinya suara hik yang khas. Biasanya, kondisi ini disebabkan karena makan telalu cepat, makanan yang terlalu panas, minum air terlalu dingin dan lainnya. Demikian yang disampaikan oleh dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, sekaligus penulis buku Play and Learn.

Penyebab lainnya, cegukan pun bisa disebabkan oleh penurunan suhu bayi yang mendadak, contohnya setelah Si Kecil mandi air dingin atau terkena udara dingin.

Apakah Cegukan Berbahaya?

Menurut Dr. Najib Advani, Sp.A, MMed. Paed. dari Bagian Kesehatan Anak FKUI RSUPN Cipto Mangunkusumo, boleh khawatir ketika si Kecil cegukan, tapi jangan berlebihan. Cegukan tidak berbahaya, apalagi jika si Kecil biasa-biasa saja. Proses ini normal dan tidak perlu ditanggapi dengan berlebih.

Tapi walaupun begitu, dr. Najib menyarankan agar Bunda segera mengatasi cegukan ini. Selain membuat si Kecil tidak nyaman, cegukan ini bisa membuatnya rewel, apalagi jika terjadi terus menerus. Bisa-bisa membuat si Kecil enggan menyusui dan tidak mau tidur.

Selain itu, Si Kecil yang mengalami gastroesophageal reflux disease atau refluks asam lambung, memiliki kemungkinan lebih sering cegukan. Perhatikan juga ketika Si Kecil cegukan, kalau disertai dengan upaya meludah atau Si Kecil batuk dan rewel, sebaiknya segera konsultasikan diri ke dokter

Pencegahan Cegukan pada Bayi

Dilansir dalam Baby Center, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah cegukan pada bayi, diantaranya adalah:

  1. Bunda wajib selalu memonitor si Kecil ketika menyusu agar dia minum susu secara perlahan.
  2. Pastikan Bunda dalam kondisi tenang.
  3. Cobalah untuk sering mengubah posisi menyusui dan cobalah untuk membuat Si Kecil tenang dengan cara menyanyikan lagu atau menepuk-nepuk lembut bokongnya.
  4. Pastikan suhu di ruangannya selalu hangat dan nyaman. Jika diapersnya sudah penuh, segera ganti dengan yang baru.
  5. Segera ganti pakaian Si Kecil jika dia berkeringat. Kondisi lembab dan dingin bisa membuat Si Kecil mudah cegukan.
  6. Hindari memberikan ASI sesaat setelah Bunda mandi. Pasalnya, ASI Bunda sedang dalam kondisi dingin sehingga sangat memungkinkan membuat Si Kecil cegukan.
  7. Jika Bunda memberikan ASI perah yang disimpan di lemari pendingin, pastikan suhunya hangat terlebih dahulu sebelum diberikan pada Si Kecil.

Selain itu, pastikan Si Kecil bersendawa sesaat setelah menyusu. Jika tidak bersendawa dengan sendirinya, Moms bisa membuatnya bersendawa dengan cara :

  1. Pangku (dekap) Si Kecil dalam posisi berdiri dan tahan bagian pundaknya.
  2. Tepuk-tepuk bagian punggung Si Kecil secara perlahan hingga dia bersendawa.

Cara-cara diatas harus dilakukan untuk mencegah Si Kecil cegukan dan mencegah ketidaknyamanan akibat kondisi ini.

Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

Menurut Lynnette Mazur, profesor pediatrik dari University of Texas Health Science Center, walaupun bisa berhenti dengan sendirinya, tapi jangan dibiarkan begitu saja. Sebaiknya lakukan beberapa cara berikut ini untuk segera mengatasi cegukan Si Kecil.

  1. Saat Si Kecil cegukan, segera bawa dia ke tempat hangat. Jika pakaiannya basah atau diapersnya sudah penuh, segera ganti dengan yang baru.
  2. Jika Si Kecil tidak menolak, Bunda bisa memberikannya susu (disusui). Tapi sebelum itu, pastikan suhu tubuh Moms sedang dalam kondisi normal atau hangat.
  3. Kompres terlebih dahulu payudara dengan kain yang sudah dicelupkan dalam air hangat, kemudian berikan ASI-nya kepada Si Kecil.
  4. Peluk Si Kecil agar suhu tubuhnya menjadi lebih hangat. Dalam beberapa saat, biasanya cegukan Si Kecil akan berhenti.

Seperti disebutkan di atas, cegukan bukan kondisi yang berbahaya. Jadi Bunda tidak perlu khawatir berlebihan saat Si Kecil cegukan. Selamat mencoba!