Perbaiki Diri, Bekal Menyambut Bulan Ramadhan

3
304

Kita sudah memasuki bulan Sya’ban. Tak terasa sebentar lagi kita akan berjumpa kembali dengan bulan Ramadhan yang penuh berkah. Insya Allah. Nah, menyambut bulan yang mulia ini, tentu perlu persiapan dari diri kita. Setidaknya, berikut beberapa persiapan untuk menyambut bulan yang penuh rahmat ini:

1. Mempersiapkan rohaniyah

Satu bulan yang paling mulia diantara 11 bulan lainnya sudah sepatutnya kita perbanyak untuk memohon ampunan dan memperbanyak ibadah. Ramadhan seharusnya menjadi gemblengan bagi diri kita baik fisik dan rohani untuk lebih mendekatkan diri pada Allah SWT, Tuhan Sang Pencipta.

Untuk mempersiapkan rohaniyah, kita perlu produk-produk pendukung misalnya seperti Al Quran yang isinya lengkap. Seperti terjemahan, asbabun nuzul, maqamat, dan sebagainya.

2. Mempersiapkan jasadiyah

Menjaga kesehatan penting. Apalagi tubuh kita akan berpuasa selama kurang lebih 30 hari. Agar selama puasa kita tetap produktif menjalankan aktivitas sehari-hari, kesehatan tubuh perlu dijaga dengan baik. Apalagi jika kita mempunyai keluhan sakit yang berkaitan dengan sisitem pencernaan. Sebisa mungkin jaga asupan nutrisi sebelum dan selama puasa agar puasa kita lebih khusyuk tanpa gangguan kesehatan.

3. Mempersiapkan ilmu

Setidaknya ilmu-ilmu yang berkaitan dengan ibadah puasa perlu kembali untuk dipelajari seperti keutamaan puasa, adab berpuasa, hukum-hukum puasa, etika puasa, dan sebagainya. Hal ini penting agar ibadah puasa Ramadhan kita lebih maksimal.

Apalagi jika kita mengajak anak-anak berpuasa. Tentu kita tak mau kan hanya sekedar mengajarkannya untuk tidak makan dan tidak minum saja selama berpuasa. Dengan mempersiapkan keilmuan kita, kita bisa mengajarkan pada anak-anak tentang makna puasa. Dengan mempersiapkan ilmu, kita juga bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan anak yang berkaitan dengan puasa.

4. Mempersiapkan harta maliyah

Selama Ramadhan, sebagian besar keluarga akan lebih banyak pengeluarannya. Tentu yang ingin digarisbawahi di sini bukan mempersiapkan harta untuk keperluan sehari-hari ya. Namun, untuk keperluan memperbanyak amal saleh. Iya, pelipatgandaan pahala harus kita manfaatkan dengan memperbanyak amal saleh.

5. Perbanyak taubat

Memang bukan hanya menjelang atau saat Ramadhan saja untuk kita bertaubat dan memperbaiki diri dari hari ke hari. Namun, momen Ramadhan sebagai bulan penuh ampunan adalah kesempatan besar bagi kita untuk memperbanyak taubat dari dosa-dosa kita yang sudah terlalu banyak.

6. Membiasakan diri dengan berbagai ibadah harian

Pahala yang dijanjikan Allah SWT saat kita mengerjakan amal-amal kebaikan akan dilipatgandakan hingga puluhan kali lipat. Kita perlu bersungguh-sungguh dalam mengerjakan setiap amal di bulan Ramadhan. Nah, kebiasaan baik termasuk membiasakan diri untuk memperbanyak ibadah, tentu perlu dilatih dari sebelum Ramadhan berlangsung ya.

Terakhir, semoga perbaikan diri yang telah kita lakukan selama Ramadhan tidak luntur begitu saja setelah Ramadhan berakhir.

3 COMMENTS