Pertimbangkan 5 Hal Berikut Sebelum Pilih PAUD untuk si Kecil

1
167

Tak seperti zaman dulu di mana pilihan sekolah masih sangat terbatas, kini banyak sekali bermunculan TK dan preschool (termasuk PAUD-red) baru yang semuanya mengaku jempolan. Wah, kalau semuanya bagus, kira-kira mana ya yang benar-benar terbaik untuk buah hati? Nah buat orangtua yang bingung, simak yuk tips memilih sekolah untuk anak usia dini berikut:

1. Perhitungkan jaraknya

Meski mungkin jarak bukanlah hal prinsip, namun faktor ini tetap perlu dipikirkan masak-masak. Anda yang hidup di kota besar apalagi, kemacetan dan jarak jauh bisa sangat menyiksa baik untuk yang mengantar jemput anak, maupun si kecil juga.

Buah hati mungkin bersemangat untuk pergi ke sekolah di pagi hari. Ia bahkan sudah memakai ransel anjing favoritnya dan sepatu baru. Namun semangat itu bisa pudar kalau ia terlalu lelah di jalan. Akibatnya saat tiba di sekolah, si kecil tak lagi semangat untuk belajar atau bermain.

2. Pertimbangkan biayanya

Di samping jarak, faktor bukan prinsip lain yang tak boleh diabaikan adalah biaya. Tak sedikit sekolah yang menawarkan fasilitas wah, juga menarik biaya belajar yang wow juga. Kalau memang sekolah favorit di kota Anda mematok harga di luar jangkauan, ada 2 alternatif yang bisa dilakukan. Pertama, mintalah keringanan dari pihak sekolah, atau cari sekolah lain yang tetap terkenal baik namun dengan biaya lebih murah.

3. Konsep belajar yang ditawarkan

Nah kalau yang satu ini memang tak bisa ditawar lagi. Belakangan sudah marak berdiri sekolah anak usia dini yang mengimpor sistem belajar dari luar negeri, entah itu Amerika, Australia, Korea,ataupun lainnya. Anda tinggal bertanya lebih lanjut saja pada pihak sekolah, seperti apa konsep belajar yang mereka tawarkan.

Dari situ coba nilai, apakah gaya pengajaran yang diberikan nantinya cocok dengan buah hati. Ketahuilah, di zaman now ini, kebanyakan anak justru enjoy dengan sistem belajar learning by doing/ playing, dan bukannya konvensional (duduk-dengar-catat) seperti masa Ayah-Bunda dulu. Ya, zaman memang sudah berubah!

4. Banyak cari informasi

Sebelum mendaftarkan ke sekolah tertentu, ada baiknya Anda mencari banyak informasi dari teman atau orang tua murid lain yang sudah lebih dulu menyekolahkan anaknya di sana. Salah satu hal penting yang perlu Anda tanyakan adalah bagaimana ‘perangai’ gurunya saat menghadapi anak. Apakah para guru di sekolah tersebut terkenal telaten dan penuh kasih, ataukah mudah marah dan suka menghukum anak. Walau ingin anak lebih disiplin, Anda tak ingin kalau buah hati menjadi korban kekerasan bukan?!

5. Datanglah saat open house

Terakhir, jangan segan mencari tahu informasi mengenai open house yang diadakan oleh sekolah tersebut. Biasanya pada beberapa hari tersebut, Anda bisa datang dan membawa si kecil untuk ‘mencicipi’ bagaimana rasanya bersekolah di sana. Amati apakah buah hati betah dan senang, ataukah sebaliknya. Pada saat ini, Anda juga bisa mengajukan banyak pertanyaan pada pihak sekolah, dan tiliklah apakah jawaban yang diberikan mereka sesuai hati Anda atau tidak.

Mungkin masih ada banyak faktor lain yang harus dipikirkan sebelum membayar uang pangkal di sekolah tertentu. Namun 5 tips di atas bisa jadi pegangan dasar untuk orang tua sebelum memilih sekolah terbaik untuk anak. Semoga berhasil!

1 COMMENT