Ramadhan Telah Tiba, Ini Dia Manfaat Puasa Bagi Tubuh

5
242

Bulan puasa sudah di depan mata, berbagai persiapan mulai dilakukan untuk menyambut bulan yang penuh dengan keberkahan tersebut.

Puasa bukan hanya mengajarkan kita dan anak-anak untuk lebih dekat dengan Sang Pencipta, tetapi juga memberikan banyak manfaat lain yang tidak kita sadari.

Apa saja? Berikut ini 7 manfaat puasa untuk diri kita, termasuk anak-anak yang berpuasa:

1. Belajar Mengendalikan Emosi

Berpuasa tidak hanya sekedar menahan lapar dan dahaga saja. Dengan berpuasa kita akan terlatih mengendalikan emosi. Menurut beberapa penelitian, puasa pun mengontrol kadar hormon yang berpengaruh menurunkan tingkat stress kita.

2. Menumbuhkan Sikap Empati

Puasa akan mengajarkan anak-anak Anda untuk lebih menghargai keberadaan makanan dan menumbuhkan sikap empati kepada saudara sesama muslim yang tidak bisa makan setiap harinya.

3. Melatih Ibadah Sejak Dini

Saat berpuasa inilah waktu yang tepat untuk mengajarkan anak Anda untuk salat berjamaah, menghafal surat, dan belajar mangaji.

4. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Berpuasa ternyata membantu organ tubuh kita dan anak-anak untuk beristirahat terutama lambung yang sering diisi dengan berbagai jenis makanan. Dengan demikian sistem pencernaan mereka akan dibersihkan dan diistirahatkan saat berpuasa.

5. Pola Hidup yang Lebih Sehat

Jika selama ini sulit untuk mengendalikan pola makan, sering jajan keluar, maka dengan berpuasa pola makan yang sehat bisa Anda terapkan. Ini juga berlaku untuk anak-anak yang sedang belajar berpuasa.

6. Berat Badan yang Terkendali

Jangan salah pengertian tentang puasa, sebab puasa bukan hanya amalan yang bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Berpuasa jika dijalani dengan baik bisa membantu kita mendapatkan berat badan yang lebih ideal dan seimbang.

Bagi anak yang mengalami kelebihan berat badan, sebaiknya hindari makanan yang mengandung banyak lemak saat berbuka dan sahur. Makanan rendah kalori seperti sayur dan buah bisa dijadikan sumber makanan prioritas untuk mereka.

7. Fungsi Detoksifikasi

Saat kita berpuasan organ didalam tubuh tidak akan bekerja keras seperti di hari biasanya. Saat hal ini terjadi, maka tubuh mulai melakukan pengeluaran zat-zat yang tidak bermanfaat melalui air seni, keringat, dan BAB. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memberikan anak cukup cairan saat sahur dan berbuka agar membantu memperlancar proses pembuangan zat sisa di dalam tubuh.

Itulah 7 manfaat berpuasa yang bisa kita dapatkan jika membiasakan diri kita berpuasa. Jangan lupa ajak anak untuk terbiasa berpuasa sejak dini agar tubuh mereka lebih sehat.

Semoga informasi yang telah kami sampaikan di atas bisa menginspirasi Anda.

 

5 COMMENTS