Tips Agar Sekolah Jadi Hal Menyenangkan Bagi Anak

1
180

Menjadi orangtua adalah pengalaman berharga, apalagi ya jika melihat pertumbuhan anak-anak setiap hari menunjukan hal baru. Selain mengagumi pertumbuhan mereka setiap harinya, sebagai orangtua juga butuh kretivitas menghadapai segala tingkah laku anak.

Apalagi jika mereka telah masuk ke usia di mana rasa keingintahuannya sedang berkembang. Seperti saya saat ini. Saya mempunyai seorang anak yang memasuki usia sekolah dasar. Kadang, dia tak perlu dibangunkan untuk pergi ke sekolah.

Namun, tak jarang juga si Kakak malas-malasan berangkat ke sekolah. Sebagai ibu, saya harus membujuknya terlebih dahulu agar ia mau berangkat sekolah. Tentu banyak ibu dan bunda lainnya yang merasakan hal sama dengan saya.

Mumpung ada kesempatan, saya ingin berbagai sedikit tips agar anak tak ogah-ogahan masuk sekolah, tidak ada salahnya dicoba ya:

1. Sugesti positif

Orangtua bisa memberikan sugesti yang positif untuk anak. Saat anak tertidur, ucapkan pada mereka bahwa belajar itu menyenangkan. Ucapkan juga pada mereka bahwa di sekolah ia bisa bertemu dengan teman-temannya, bertemu dengan guru-guru yang baik, dan dapat pengalaman yang menyenangkan.

2. Bentuk mindset anak

Sepulang mereka sekolah, tanyakan pada mereka hal-hal menyenangkan apa yang mereka lakukan di sekolah hari ini. Ini akan menggali ingatan anak untuk hal-hal yang positif terhadap sekolah mereka.

3. Tunjukan bahwa mereka anak hebat

Jika ia menemui masalah di sekolah dan membuatnya malas ke sekolah, tunjukan pada mereka, mereka anak yang hebat. Berikan mereka semangat bahwa mereka pasti bisa menyelesaikan masalahnya. Jika masalahnya terkait dengan kesulitan mereka menerima pelajaran di sekolah, bantu mereka.

4. Coba deh dengan surat rahasia untuk anak

Tips ini saya dapatkan setelah membaca buku, searching di internet, dan mengikuti seminar parenting. Dan, berhasil! Setiap pagi, saya menulis kata-kata semangat di selembar kertas yang ditujukan pada mereka. Saat memberikannya, saya mengatakan padanya bahwa hanya saya dan dia yang tahu isi surat tersebut. Surat itu rahasia!

5. Doa

Sebagai umat yang beragama, doa adalah senjata kita. Maka, di setiap usaha kita perlu diiringi dengan doa pada Allah SWT agar anak-anak kita tumbuh menjadi anak yang cerdas dan dijauhkan dari sifat pemalas dan bodoh.

Tips di atas bisa dicoba ketika anak-anak kita malas ke sekolah. Namun, hanya orangtua yang mengenal karakter anak-anaknya dengan baik. Oleh sebab itu, kreativitas orangtua diperlukan agar ketika anak bersikap A, orangtua bisa menyikapinya dengan bijak.

1 COMMENT