Umur Berapa Sebaiknya Anak Bersekolah?

2
339

Ini salah satu pertanyaan orangtua yang memiliki anak usia sekolah. Tak sedikit Ayah Bunda yang bertanya-tanya sebenarnya berapa usia ideal bagi anak untuk bersekolah. Sudah siapkah si Kecil menghadapi hari-harinya di sekolah tentu menjadi pertimbangan besar bagi Ayah dan Bunda.

Salah satu ahli nutrisi, dr. Saptawati Bardosono yang dikutip Tempo.co menyebutkan bahwa usia 4 tahun adalah usia yang ideal memasukkan anak ke sekolah. Saat usia 4 tahun, kognitif anak sudah berkembang dan ia siap untuk bersekolah.

Jika memasukkan anak di bawah usia itu, saran dr. Saptawati orangtua tak perlu cemas jika si Kecil tak bisa ini dan itu, seperti melakukan berbagai instruksi sederhana dari pembimbingnya. Karena memang perkembangan kognitifnya belum matang.

Pertimbangkan kesiapan anak. Karena masing-masing anak punya kesiapan yang berbeda-beda untuk masuk ke sekolah. Lalu bagaimana mengetahui kesiapan si Kecil? Bunda dapat melihat kesiapan si Kecil dari 2 hal berikut:

  1. Kesiapan emosional

Seperti yang kita pahamai bahwa masing-masing anak mempunyai karakter dan kematangan emosi yang berbeda-beda. Jika si Kecil menunjukkan ketertarikannya ke sekolah, mulai sering meminta kertas dan pensil, serta lulus “toilet training”, Bunda bisa mencoba mencarikan sekolah yang sesuai pertimbangan.

  1. Kesiapan fisik

Kesiapan fisik si Kecil bisa menjadi pertimbangan Ayah dan Bunda untuk mengenalkan sekolah padanya. Ayah dan Bunda perlu ingat bahwa di sekolah meskipun hanya bermain dan melakukan beberapa instruksi sederhana, namun akan tetap menguras energi si Kecil. Lebih baik tidak memaksakan anak jika secara fisik ia terlihat belum siap bersekolah.

Apakah anak usia 2 tahun boleh bersekolah? Memang secara emosi, kognitif, dan fisik ia belum matang untuk ke sekolah. Jika pertimbangannya adalah anak yang meminta dan atau Ayah – Bunda sibuk bekerja sehingga khawatir masa bermain dan eksplorasi si Kecil terabaikan, pendidikan usia dini bisa menjadi alternatif. Namun Ayah dan Bunda bisa memilih sekolah usia dini yang hanya mewajibkan si Kecil hadir cukup 2 – 3 hari saja per minggu.

Perlu diperhatikan, jika di atas usia 5 atau 6 tahun dan anak tetap tidak tertarik dengan sekolah atau tidak mau bersekolah. Coba ajak si Kecil ke salah satu sekolah. Bisa jadi ia akan tertarik untuk ikut sekolah ketika ia melihat banyak teman seusianya bermain dan bernyanyi di sekolah.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here