Waspada Jika Bayi Mengalami ini! Tanda Si Kecil Alami Gangguan Perkembangan

0
4269

Jangan anggap remeh saat bayi Anda mengalami perkembangan yang lebih lambat, segera berkonsultasi dengan ahli untuk mencari solusinya. Mendeteksi gangguan pertumbuhan pada anak perlu Anda lakukan sedini mungkin. Dengan demikian, saat ditemukan beberapa gangguan pada anak, Anda bisa segera mengambil tindakan dan tidak terlambat dalam menanganinya.

Meskipun anak atau bayi Anda terlihat sehat, Anda tetap perlu memeriksakannya pada ahli untuk mengetahui adanya gangguan pertumbuhan atau tidak.

Sebagai orangtua, Anda bisa memantau perkembangan bayi saat berada di dalam rumah. Sebagai contohnya, bayi yang baru lahir biasanya memiliki waktu tidur yang sama di malam dan siang hari. Hal ini akan berangsur menurun dan tidur siang akhirnya menurun. Pada usia 4 tahun anak Anda tidak terlalu membutuhkan tidur siang lagi.

Berikut ini beberapa gangguan perkembangan pada anak yang bisa Ayah Bunda amati secara langsung:

Bayi di Bawah Usia 1 Tahun

Pada usia di bawah 1 tahun biasanya bayi sudah bisa merespon bunyi atau matanya akan bergerak mengikuti benda yang bergerak. Mereka mulai bermain dengan kedua tangan dan memegang, mulai menunjukkan ekspresi tersenyum, bergumam, mengoceh, bahkan bermain dengan ludahnya, serta mencari mainan yang jatuh. Jika Anda tidak menemukan ciri-ciri tersebut pada anak, maka segera berkonsultasi pada ahli.

Masuk Usia 1 Tahun, Perhatikan apa yang Bisa Ia Lakukan

Saat masuk usia 1 tahun, anak Anda akan mulai belajar berdiri sendiri atau jalan dengan berpegangan, mulai menunjuk benda-benda, berbagi mainan, dan mulai mengucapkan 1 kata yang bermakna.

Di Usia 1,5 Tahun

Memasuki usia 1,5 tahun anak Anda sudah bisa berlari tanpa terjatuh. Anak mampu menyusun kubus mainan, menutup gelas, mengucapkan 10 kata, dan menyebutkan namanya.

Masuk Usia 2 Tahun

Anak pada usia 2 tahun yang memiliki perkembangan yang baik bisa melompat dengan kedua kaki secara bersamaan. Ia juga mampu membuka botol dengan cara memutar tutupnya, bisa menyebutkan 6 bagian tubuh, dan menjawab dengan kalimat 2 kata.

Masuk Usia 3 Tahun

Di usia 3 tahun sudah mampu menuruni anak tangga dengan kaki secara bergantian. Ia juga bisa meniru garis tegak dan lainnya, menyebutkan 3 warna. Secara verbal, anak sudah bisa bertanya dengan menggunakan kata siapa, apa, dan dimana, serta bisa bermain bersama dengan teman-teman.

Secara umum anak-anak yang berkembang dengan normal akan melewati proses di atas dan melakukan berbagai kemampuan motorik tersebut. Jika anak Anda tidak mampu melakukan hal-hal yang sudah disebutkan di atas, maka segeralah berkonsultasi dengan para ahli untuk mengetahui solusi terbaik yang bisa diberikan.