3 Cara Mudah Menghafal Surat-Surat Al Quran

0
131
cara mudah menghafal

Menghafal surat-surat Al Quran tak hanya menjadi kebutuhan bagi anak-anak. Tapi, orangtua pun mungkin juga butuh menambah hafalan surat-surat Al Quran, paling tidak surah dalam juz 30. Setidaknya, untuk sholat tidak hanya surah itu-itu saja yang dibaca, kan?

Nah, dengan banyaknya aktivitas Ayah dan Ibu belum lagi kesibukan bersama si Kecil, banyak dari kita yang tak punya banyak waktu untuk menambah hafalan. Jika demikian, coba cara berikut ini ya Bun:

1. Dengar dan dengar

Dalam upaya menghafal surat-surat pendek di Al Quran, tentu butuh niat yang besar untuk tetap semangat dan konsisten dalam melakukannya. Konsistensi dalam berlatih penting untuk mempermudah menghafal.

Selain harus konsisten, Ayah dan Bunda bisa mencoba menghafal Al Quran dengan memutar murottal berulang lagi. Hanya dengan mendengarkan berulang-ulang, Ayah dan Bunda akan mudah menghafal surah tersebut.

Mendengarkan murottal ini bisa dilakukan ketika Ayah dan Bunda sedang bersantai, mengantri atau menunggu sesuatu, memasak, sambil mengasuh si Kecil, mempersiapkan pekerjaan di kantor dan sebagainya.

2. Tulis

Setelah mendengarkan setiap ayat dari surah-surah yang ingin dihafal, coba untuk menyalin atau menulis ulang setiap ayat yang ingin dihafal. Menurut penelitian, otak lebih mudah menghafal sesuatu yang terekam secara visual.

Dengan menyalin setiap ayat yang ingin dihafal, ini merupakan langkah lanjutan setelah menengarkan secara berulang-ulang setiap ayat dalam surah tersebut.

Menulis juga akan mengkonfirmasi kita tentang harakat dan tajwid yang benar agar ketika kita menghafal tidak ada kesalahan dengan hal tersebut.

3. Ucapkan

Menghafal sesuatu termasuk dalam menghafal surah-surah bisa dengan mudah dilakukan ketika seluruh indra kita manfaatkan.

Yaitu dengan memanfaatkan indra pendengaran untuk mendengarkan murottal, lalu indra penglihatan untuk melihat setiap ayat yang ingin dihafal dan menuliskannya. Setelah itu, hafalkan ayat-ayat tersebut dengan mengucapkannya secara berulang.

Dan selamat, hafalan Ayah dan Bunda sekarang bertambah!