5 Model Mendidik Anak yang Bisa Anda Terapkan Dalam Keluarga

0
1097
mendidik anak

Ada beberapa metode atau model yang bisa Anda tiru untuk diaplikasikan saat mendidik anak. Masing-masing orangtua tentu punya pertimbangak khusus dalam memilih metode mendidik anak. Orangtua yang bijak tentu tidak akan membandingkan dan mengatakan ini metode yang terbaik dan itu metode yang buruk.

Nah, sebagai pertimbangan, berikut ini 5 model atau metode memberikan pendidikan kepada si Kecil:

1. Orangtua yang memberikan teladan

Jangan pernah berharap anak-anak akan memiliki sikap yang jujur dan rajin beribadah jika kita sebagai kedua orangtuanya tidak melakukan hal tersebut. Jadilah orangtua yang memberikan teladan dan contoh kebaikan kepada anak-anak.

2. Tumbuhkan kebiasaan baik sejak dini

Kebiasaan baik yang dilatih orangtua kepada anak-anak akan tetap terbawa sampai mereka dewasa nantinya. Mulailah membiasakan anak Anda untuk menjauhi perbuatan dosa dan biasakan mereka menjadi pribadi yang taat dengan perintah Allah SWT.

Ajarkan mereka untuk membiasakan diri beribadah sejak kecil dan biasakan mereka untuk meneladani sikap Nabi Muhammad SAW.

3. Ceritakan sebuah kisah saat mengajarkan mereka

Jika si Kecil menyukai berbagai cerita menarik, maka Ayah dan Bunda bisa membiasakan mereka dengan berbagai kisah yang memiliki teladan dalam kehidupan. Sampaikan kepada mereka setiap makna dari kisah yang Anda ceritakan kepada mereka.

Belikan mereka buku-buku yang berhubungan dengan kisah-kisah teladan yang bisa diambil pelajarannya.

4. Manfaatkan setiap momen kehidupan sebagai pelajaran

Metode pengajaran ini bisa orangtua terapkan setiap saat dengan memanfaatkan setiap momen yang ada di dalam kehidupan si Kecil. Misalnya saja anak mengalami kehilangan mainan yang sangat disukainya, maka ajarkanlah mereka untuk ikhlas dan lapang dada.

Begitu juga saat ada anggota keluarga yang mengalami musibah menginggal dunia, orangtua bisa mengajarkan kepada mereka bahwa kehidupan yang ada di dunia hanya sementara saja dan semua orang akan meninggal dan akan mempertanggungjawabkan semua perbuatannya di dunia.

5. Metode reward dan punishment

Setiap anak ingin mendapatkan pujian dan pengakuan untuk setiap prestasi dan pencapaian yang sudah mereka dapatkan. Berikan hadiah dan hukuman kepada anak secara seimbang, sebab kedua hal tersebut diperlukan untuk mendidikan anak.

Jangan menghukum mereka, saat anak pantas mendapatkan hadiah atas perbuatannya lakukanlah hal tersebut.

Menjadi orangtua memang butuh seni dalam mendidik anak-anak. Semoga kita menjadi orangtua bijak yang mampu mengenal anak dengan baik.

Jika merasa tulisan di atas memberikan manfaat, silahkan bagikan tulisan ini melalui media sosial Ayah-Bunda agar semakin banyak orangtua semakin memahami si Kecil.