6 Tips Berpuasa Bagi yang Memiliki Aktivitas Padat

0
287
tips puasa

Banyaknya aktivitas yang dilakukan tidak boleh dijadikan alasan untuk tidak bisa menjalankan ibadah puasa. Berpuasa di bulan Ramadhan adalah wajib hukumnya bagi orang muslim terlebih lagi untuk anak-anak yang sudah memasuki waktu akil baligh.

Anda harus memberikan tips sederhana untuk anak Anda yang memiliki segudang aktivitas padat agar tetap bisa bersemangat menjalankan ibadah puasa di tengah-tengah kesibukannya saat beraktivitas. Termasuk juga bagi anak-anak yang padat aktivitasnya. Inilah sebenarnya yang dikatakan sebagai tantangan orangtua mendidik anak di jaman sekarang, karena jaman semakin maju membuat anak semakin terpapar dengan hal negatif. Ini saatnya Anda mengajarkan anak menyadari kewajibannya sebagai seorang muslim yaitu berpuasa.

Coba Anda terapkan tips-tips di bawah:

1. Sahur di akhir waktu

Agar stamina tetap terjaga, sebaiknya ajari anak untuk mengakhirkan sahur. Ini akan membuat energi Anda lebih kuat setidaknya 2 hingga 3 jam kemudian. Sangat baik untuk anak Anda yang memiliki banyak aktivitas. Selain itu sahur di akhir waktu juga pernah diriwayatkan oleh Anas dari Zaid bin Tsabit. Bunyinya:

“Kami pernah makan sahur bersama Nabi. Setelah itu beliau langsung berangkat shalat”. Aku tanyakan: “Berapa lama jarak antara adzan dan sahur?” Dia menjawab,’Kira-kira sama seperti bacaan lima puluh ayat.”

Sumber: https://www.tongkronganislami.net/tips-menjaga-kesehatan-di-bulan-ramadhan/

2. Tidak Tidur Setelah Waktu Sahur

Tidur setelah makan sahur justru akan membuat badan Anda lemas saat bangun. Anda akan malas beraktivitas. Jadi sebaiknya ajarkan anak Anda melakukan aktivitas ringan seperti tadarus atau membaca buku setelah sahur sembari menunggu adzan subuh.

Biasanya tidur setelah makan sahur justru membuat Anda melewatkan waktu subuh. Jadi sebaiknya hindari hal tersebut ya.

3. Jauhkan Diri dari Rasa Malas

Berpuasa tidak boleh dijadikan alasan untuk Anda bisa bermalas-malasan. Anda bisa gunakan waktu ini untuk menghabiskan banyak waktu bersama si kecil. Sekadar menemani anak Anda bermain catur atau membersihkan kamar tentu bukan hal yang akan membuat perut Anda keroncongan kan?

Jika Anda bermalas-malasan justru waktu yang berputar akan terasa semakin lama, ini akan membuat Anda merasa cepat lapar dan badan menjadi lemas. Jika Anda ingin bermalas-malasan, lebih baik Anda tadarus atau membantu orang di sekitar Anda. Ini malah mendatangkan pahala untuk Anda.

4. Istirahat yang Cukup

Perbaiki pola tidur Anda. Jika Anda sering bergadang di malam hari, sebaiknya Anda menghindari hal tersebut di bulan Ramadhan. Ini akan mengajarkan anak Anda untuk bisa bangun di perempat malam untuk makan sahur.

Jika Anda bergadang, tentu Anda akan melewatkan makan sahur dan akhirnya aktivitas menjadi terganggu karena tubuh Anda terasa lemas. Selain itu, tidur kurang dari 7 jam untuk usia anak sangat tidak baik hal ini bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak.

5. Segera Berbuka Jika Sudah Waktunya

Jangan pernah menunda-nunda waktu berbuka. Jika sudah mendengar kumandang adzan sebaiknya segera meneguk air putih dan makan kurma sebagai pemanis mulut, ini akan sangat bermanfaat untuk mengebalikan kadar gula dalam darah dan membuat Anda segar kembali. Menurut Sahl bin Sa’ad, Rasululloh bersabda seperti demikian:

“Umat manusia ini akan tetap baik selama mereka menyegerakan buka puasa”.

Sumber: https://www.tongkronganislami.net/tips-menjaga-kesehatan-di-bulan-ramadhan/

6. Perbanyak Air Putih

Saat berpuasa tentu tubuh kehilangan banyak cairan tubuh, inilah yang menyebabkan tubuh terasa lemas. Jadi untuk anak yang banyak aktivitas sebaiknya perbanyak minum air putih saat sedang menjalani ibadah puasa terutama saat berbuka dan bersahur.

Mengajarkan anak berpuasa adalah hal wajib yang orangtua lakukan. Ini akan menjadi bekal mereka nantinya untuk bisa membiasakan diri menjalankan kewajiban yang sudah seharusnya mereka jalani.

Semoga bermanfaat, dan selamat menjalankan ibadah puasa untuk Anda semua. Terima kasih, jangan lupa pantau artikel yang selanjutnya ya, akan ada banyak informasi penting lainnya.

Source image https://www.ibupedia.com/media/uploads/articles/38cfa6c56e558ec8aa7058da9dd66da6.jpg