8 Tips Hadapi Hari Pertama Sekolah Si Kecil

0
99
hari pertama sekolah

Tak lama lagi hari pertama sekolah anak-anak. Bagi orangtua yang baru merasakan si Kecil akan bersekolah untuk pertama kalinya atau masuk sekolah baru tentu akan dag-dig-dug, bukan? Pasti banyak kekhawatiran pada hati Bunda.

Pertanyaan seperti, “si Adik nanti nangis nggak ya di sekolah?” atau “si Kakak ngambek nggak ya bangun pagi lalu mandi kemudian sarapan dan pergi sekolah?”

Nah, simak beberapa tips berikut untuk sedikit meredakan kekhawatiran orangtua dan si Kecil yang akan melewati hari pertama sekolahnya:

1. Mengunjungi sekolah di hari sebelumnya

Nah, hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mengenalkan tempat baru bagi si Kecil yang akan menjadi sekolah bagi mereka. Jika sebelumnya si Kecil sudah pernah menempuh pre-school atau sekedar pernah mencoba sekolah tersebut saat mencari-cari sekolah dulu, tentu ini akan membantu bagi si Kecil.

Mengunjungi sekolah di hari sebelum hari masuk sekolah pertamanya akan lebih membantu si Kecil mempersiapkan diri. Jangan lupa, ajak ngobrol dan kenalkan si Kecil dengan calon sekolahnya tersebut. “Besok adik sekolah di sini ya. Ini kelas adik besok.” Dan percapakan sejenisnya yang membuat si Kecil nyaman.

2. Kenalkan dengan calon gurunya

Selain mengenalkan dengan sekolahnya, si Kecil perlu diajak untuk mengenal calon guru yang akan menemaninya selama belajar di sekolah. Apalagi jika si Kecil sedikit susah dekat dengan orang baru, ini akan membantu si Kecil mempersiapkan mentalnya.

3. Jelaskan pada anak bahwa sekolah adalah tempat yang menyenangkan

Ingat bahwa si Kecil mungkin punya imajinasi sendiri tentang sekolah. Mungkin ia pun akan berpikir sekolah akan mengurangi waktu si Kecil untuk bermain atau ia akan berpisah dengan orangtuanya selama sekolah. Nah, oleh sebab itu, penting untuk menjelaskan pada anak bahwa sekolah adalah tempat yang menyenangkan.

Penjelasan ini tentu tak bisa hanya dilakukan sekali atau dua kali saja. Agar tertanam pada alam bawah sadar anak bahwa sekolah itu menyenangkan, Bunda perlu mengulan-ulangnya. Tentu dengan berbagai cara yang menyenangkan pula, agar anak tidak bosan.

Bunda juga bisa mencoba untuk membisikan kata-kata “Nak, sekolah itu menyenangkan lho” dan sejenisnya di malam hari saat si Kecil hendak tidur atau baru tertidur. Otak anak akan memproses informasi tersebut selama si Kecil tidur. Jadi kata-kata tersebut akan tertanam dalam alam bawah sadar anak.

4. Ceritakan kegiatan-kegiatan di sekolah

Sebelum hari pertama sekolah, ceritakan hal-hal menyenangkan tentang kegiatan sekolah pada si Kecil. Ayah dan Bunda bisa bercerita tentang pengalaman yang menyenangkannya selama sekolah dulu.

Nah, saat anak sudah merasakan hari pertamanya di sekolah. Minta ia untuk menceritakan pengalamannya dan apa saja yang dilakukan di sekolah tadi. Komentar, “wah, menyenangkan ya,” meskipun sepele namun ini berharga bagi mereka.

5. Belanja kebutuhan sekolah bersama

Nah, salah satu keseruan yang bisa dilakukan sebelum hari pertama sekolah adalah mengajak si Kecil belanja kebutuhan sekolah bersama. Mungkin Ayah dan Bunda juga bisa minta pendapat si Kecil ketika memilih perlengkapan sekolahnya. Ini adalah salah satu cara menanamkan pada mereka bahwa sekolah itu menyenangkan.

6. Antar anak ke sekolah di hari pertamanya

Sebagaimana himbauan dari pemerintah, bahwa orangtua perlu mengantar anak di hari pertamanya ke sekolah. Dengan mengantarkan anak di hari pertamanya, para orangtua bisa berinteraksi secara langsung dengan para guru dan pelaku pendidikan lainnya. Karena memang guru-lah yang akan menjadi orangtua kedua bagi anak-anak kita.

7. Tingkatkan rasa percaya diri dan keberanian anak

Ya rutinitas baru bagi si Kecil ini tentu membuat kita bertanya-tanya tentang banyak hal. Di hari pertama si Kecil mungkin ada yang excited banget untuk pergi ke sekolah karena ini hal baru bagi mereka.

Tapi memang tak sedikit yang pakai drama, nangis-nangis, dan ngambek saat diajak untuk berbenah dan berangkat. Karena mereka pun merasakan kekhawatiran juga akan berada di tempat yang baru bagi mereka.

Nah, oleh sebab itu dalam diri anak pun perlu untuk ditanamkan rasa percaya diri dan keberanian si Kecil.  Katakan pada anak bahwa mereka bisa, mereka mampu, dan mereka sama dengan teman-teman lainnya.

8. Ajarkan sosialisasi pada anak

Kadang anak takut karena ia tidak mengerti bagaimana caranya bersosialisasi dengan teman-temannya. Kadang ini yang membuat anak menarik diri dan menjadi pemalu.

Nah, semoga hari pertama si Kecil ke sekolah menjadi hari yang menarik bagi mereka ya, Bun!