Asupan Penting Bagi Ibu Hamil dan Menyusui Agar Tetap Bisa Berpuasa Penuh

0
247
asupan saat puasa

Proses kehamilan dan menyusui merupakan saat-saat penuh arti bagi seluruh wanita dan dianggap sebagai tahap menyempurnakan diri. Pada masa inilah tubuh anda harus didukung asupan gizi dan nutrisi seimbang apalagi ketika sedang menunaikan ibadah puasa.

Memberikan asupan makan kepada buah hati melalui air susu ibu akan berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya. Tidak hanya si kecil yang harus diperhatikan kesehatannya, bunda juga wajib menjaga asupan makanan agar menghasilkan ASI berkualitas.

Apabila anda ingin menjalani puasa penuh sementara sedang mengandung atau menyusui maka harus memperhatikan asupan makanan. Yuk simak ulasan asupan penting untuk ibu hamil maupun menyusui agar tetap bisa berpuasa penuh berikut ini.

Mengkonsumsi Buah Kurma

Kurma adalah salah satu buah yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dikonsumsi selama bulan Ramadhan. Tidak hanya menjadi pelengkap makanan saja, ternyata mengandung berbagai nutrisi baik.

Sementara itu, pemanis alami yang terkandung didalamnya sangat baik bagi kandungan dan kualitas ASI selama puasa. Mengkonsumsi kurma saat sahur dan berbuka puasa mampu meningkatkan energi tubuh selama 12 jam. Sehingga ibu hamil maupun sedang menyusui dapat beraktifitas dengan lancar dan merasa bugar.

Mengkonsumsi Air Putih Lebih Banyak

Kekurangan cairan saat berpuasa merupakan hal lumrah dan wajar bagi banyak orang. Agar tidak kekurangan cairan sebaiknya saat sahur dan berbuka minum air putih lebih banyak. Apabila tubuh mengalami dehidrasi dapat menurunkan kualitas ASI dan memperlambat perkembangan janin.

Jika biasanya anda minum air minimal 2 liter per hari atau 8 gelas, maka ketika berpuasa setidaknya anda meminum 3 liter air per hari.

Asupi Kebutuhan Gizi Seimbang

Kebutuhan gizi harus diperhatikan agar tetap seimbang dan terpenuhi. Bagi ibu hamil dan sedang menyusui sebaiknya mengkonsumsi menu makanan 4 sehat 5 sempurna. Makanan dan minuman tersebut sebaiknya mengandung kandungan gizi berikut:

1.Karbohidrat, Serat, dan Nutrisi

Banyak asumsi yang beredar di masyarakat mengatakan ibu hamil maupun sedang menyusui harus mengurangi makanan karbohidrat. Mengkonsumsi makanan jenis ini akan berdampak bagi berat badan dan bentuk tubuh. Sebenarnya pendapat ini tidaklah tepat dan hanya mitos saja.

Kenyataannya makanan yang berkarbohidrat sangat bermanfaat untuk menambah energi tubuh. Selain itu, makanan yang mengandung karbohidrat, sera, dan nutrisi dapat membantu perkembangan bayi. Jika dikonsumsi oleh ibu menyusui akan menghasilkan ASI berkualitas. Makanan yang kaya akan kandungan tersebut ditemukan pada nasi, sayur-sayuran, telur, umbi-umbian, dan lainnya.

2.Asam Folat

Asam folat sangat bermanfaat untuk meningkatkan dan menutrisi sel saraf pada otak bayi dan janin. Jika anda ingin memiliki anak yang cerdas dan cepat tanggap maka perbanyak konsumsi susu dengan kandungan asam folat tinggi. Tergolong nutrisi wajib harian janin dan bayi yang harus anda konsumsi minimal 0,4 mg.

3.Lemak Sehat

Lemak mungkin dipandang sebagai zat yang mampu menambah berat badan. Dalam asupan gizi yang baik, lemak yang dimaksud adalah lemak tak jenuh. Semua ibu hamil maupun menyusui harus memberikan nutrisi lemak untuk sumber cadangan energi.

Lemak sehat ini dapat mendukung pertumbuhan sistem saraf janin dan bayi. Konsumsi lemak juga harus dibatasi agar tidak menimbulkan obesitas bagi ibu dan anak. Saat sedang berpuasa, anda dapat mengkonsumsi daging sewaktu sahur dan berbuka.

4. Vitamin (A, B6, B12, C, dan D)

Setelah mengkonsumsi berbagai makanan sehat yang bernutrisi tinggi dan air mineral, ibu wajib mengkonsumsi multivitamin. Contohnya vitamin A, B6, B12, C, dan D sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan janin dan bayi. Vitamin dapat ditemukan dalam menu makanan ataupun obat-obatan dari resep dokter. Selain itu, dapat menjaga kesehatan dan kebugaran bagi anda yang sedang berpuasa.