Benarkah Minum Air Es Bisa Menyebabkan Pilek?

0
83
es penyebab pilek

Hingga saat ini masih banyak orang yang mempercayai bahwa minum air es atau minuman dingin lainnya dapat menyebabkan flu atau pilek? Namun, benarkah demikian?

Penyakit flu atau pilek disebabkan oleh virus yang menyerang daya tahan tubuh seseorang tepatnya di bagian pernafasan. Penyakit ini tergolong dalam penyakit menular yang dapat ditularkan melalui udara. Selain itu juga percikan air liur di saat seseorang yang menderita flu batuk atau bersin dan terhirup oleh yang lain.

Tanda tanda penyakit Flu / Pilek

Biasanya orang yang menderita sakit flu akan mengalami ciri-ciri sebagai berikut:

  • Diawali dengan demam
  • Sumeng
  • Sakit kepala
  • Hidung tersumbat
  • Sakit tenggorokan
  • Menggigil
  • Lemas

Beberapa orang sangat menghindari minuman dingin / air es karena percaya hal ini akan mengakibatkan pilek, begitu juga dengan orang tua yang sering melarang anaknya mengkonsumsi minuman dingin. Tetapi, apakah hal ini benar adanya? Yuk kita simak penjelasannya:

Minuman Dingin Dapat Mengurangi Daya Tahan Tubuh

Hidung memiliki fungsi mencegah infeksi pada saluran pernafasan dan menyaring debu lewat lender serat bulu-bulu halusnya, hal itulah yang sangat berguna untuk menghindari infeksi atau flu dan pilek pada saluran pernafasan.

Namun, jika kita sering mengkonsumsi minuman dingin, hal ini dipercaya akan mengganggu sistem fungsi bulu-bulu halus tersebut dan membuat pertahanan tubuh menjadi lemah. Jika sistem pertahanan tubuh kita lemah, tentu penyakit apa pun akan sangat mudah menyerang. Minum es juga dipercaya dapat membuat penyempitan dalam pembuluh darah yang akan berakibat sistem imun tidak dapat bekerja secara optimal di dalam tubuh.

Minuman Dingin Dapat Mengurangi Fungsi Pertahanan Saluran Pernafasan

Minuman dingin atau juga cuaca yang dingin dapat membuat tubuh seseorang menjadi lemah, terlebih jika keadaan tersebut berlangsung sedikit lama. Hal ini tentu saja dapat membuat tubuh menjadi kehilangan fungsi saluran pernafasan karena suhu dingin yang masuk ke dalam tubuh akan menghambatnya sehingga tubuh akan lebih mudah terkena infeksi dan terjangkit virus.

Penyakit flu disebabkan oleh virus yang disebut influenza. Virus ini tidak ada hubungannya secara langsung dengan minuman dingin. Tetapi, memang dapat menyebabkan seseorang yang sudah terkena flu atau pilek menjadi lebih parah. Ini semua juga kembali lagi tergantung sistem imunitas dan daya tahan tubuh seseorang yang berbeda beda. Misalnya saja untuk seseorang yang daya tahan tubuhnya lebih lemah, ketika ia minum air es atau minuman dingin lainnya maka akan mudah sekali terkana batuk, atau pilek. Hal ini sekali lagi bukan karena efek minuman dinginnya, tetapi karena daya tahan tubuh orang tersebut memang lebih lemah sehingga lebih mudah terkena virus tersebut. Hal ini juga sama halnya ketika seseorang banyak yang mengaitkan perubahan cuaca atau iklim yang dapat menyebabkan seseorang menjadi terkena batuk, flu atau pilek. Padahal tidak semua orang yang terkena virus atau penyakit disaat perubahan cuaca tersebut, semuanya tergantung ketahanan daya tahan tubuh seseorang yang berbeda-beda.

Pencegahan Penyakit Flu Atau Pilek

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk terhidar dari penyakit ini, diantaranya:

  1. Selalu menjaga kebersihan dan rajin mencuci tangan sebelum makan
  2. Menutup mulut ketika batuk/ bersin
  3. Rajin menggunakan masker ketika dekat dengan seseorang yang menderita flu
  4. Istirahat yang cukup
  5. Memenuhi kebutuhan vitamin C
  6. Mengkonsumsi air putih yang cukup