Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengajak Balita Mudik Naik Mobil

0
282
mudik naik mobil

Ramadhan sudah tiba, setelah sebulan berpuasa tentu Anda sudah mulai mempersiapkan semua perlengkapan dan kebutuhan untuk mudik.

Bagi Anda yang masih memiliki balita tentu akan membutuhkan lebih banyak perlengkapan lain seperti susu, gendongan, pampers, dan banyak lagi. Selain itu, ada beberapa hal lain yang juga perlu Anda perhatikan saat mengajak anak balita mudik naik mobil ya.

Paling penting Anda harus benar-benar mengecek keadaan mobil Anda. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat perjalanan mudik ke kampung halaman.

Di bawah ini ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan ya. Yuk langsung saja simak bersama:

1. Menempatkan Anak Balita di Kursi Belakang

Saat Anda merencanakan perjalanan yang cukup jauh, sebaiknya Anda mulai memikirkan untuk membeli carseat khusus balita. Jangan lupa untuk menempatkannya di kursi belakang.

Kenapa? Karena anak balita biasanya cepat merasa bosan, tentu saja jika mereka duduk di depan akan sedikit mengganggu konsentrasi pengemudi. Bahkan di beberapa Negara melarang anak balita duduk di depan lhoh.

2. Menyediakan Ruang yang Cukup Agar Anak Bebas Bergerak

Anak-anak selalu menginginkan lingkungan yang nyaman. Mereka membutuhkannya agar bisa bergerak dengan bebas. Meskipun mereka tidak secara langsung mengatakannya, tapi mereka akan menunjukkan rasa ketidaknyamanannya dengan menangis atau tantrum.

Anda sebagai orangtua  harusnya lebih peka atau sensitif dan mencari tahu penyebab anak Anda menangis. Jika ruang yang ada di mobil terlalu sempit dan ini penyebab anak Anda menangis, Anda harus segera mencari solusinya.

3. Selalu Membawa Persediaan Plastik atau Kantong Tahan Air

Ini merupakan hal yang perlu diperhatikan karena biasanya anak balita akan mengalami pusing dan juga muntah sewaktu-waktu saat perjalanan jauh.

Agar memudahkan Anda dalam mencarinya, simpan kantong plastik ini di tempat yang mudah dilihat dan dijangkau. Contohnya, seperti di pintu maupun di belakang jok mobil bagian depan.

Selain itu, plastik juga bisa Anda manfaatkan untuk menampung sampah Anda selama perjalanan dan belum menemukan tempat sampah.

4. Pastikan Membawa Perlengkapan Balita Saat Mudik

Hal yang harus Anda perhatikan lainnya adalah membawa beberapa perlengkapan untuk balita Anda, seperti pampers, botol susu, mainan kesukaannya, tisu kering maupun tisu basah, jaket, dan banyak lagi.

Tentu saja ini sangat penting demi kenyamanan balita saat perjalanan jauh. SebaiknyanAnda menyediakan beberapa permainan dan juga buku-buku cerita kesukaannya agar anak tidak merasa bosan.

5. Hindari Pancaran Langsung Sinar Matahari

Paparan dari sinar matahari langsung sangat berbahaya untuk anak Anda. Sinar UV bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan. Oleh sebab itu, sebelum perjalanan mudik Anda harus memasang kaca film anti UV ya.

6. Utamakan Keselamatan Balita

Agar anak Anda selalu aman selama perjalanan, sebaiknya gunakan fitur child lock yang ada di setiap pintu mobil. Jangan lupa untuk mengeceknya terlebih dahulu ya. Lakukan servis mobil keseluruhan agar keselamatan lebih terjamin.

7. Berhenti Sesekali untuk Beristirahat

Jika perjalanan mudik Anda lumayan jauh, lebih dari lima jam. Sebaiknya, berhentilah untuk beristirahat di tempat yang nyaman. Setidaknya setiap dua jam perjalanan.

Anda membutuhkan waktu untuk meluruskan kaki dan meregangkan otot-otot agar tidak terkena kram. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan waktu istirahat untuk makan siang dan ke kamar mandi.

Masih ada banyak lagi hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat mengajak balita mudik menggunakan mobil, ada lebih dari 12 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Saat Mudik Bersama Si Kecil. Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan kotak P3K, peralatan mandi anak, selimut, dan lain-lain ya.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa pantau artikel yang selanjutnya ya, akan ada banyak informasi penting lainnya.

Source image  https://statik.tempo.co/data/2017/06/15/id_616114/616114_620.jpg