Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengajak Balita Mudik Naik Motor

0
98
mudik naik motor

Menjelang bulan Ramadhan hampir semua keluarga sudah merencanakan untuk mudik ke kampung halaman. Masing-masing memiliki cara tersendiri untuk bisa mudik, ada yang menggunakan kereta, pesawat, mobil, bus, dan juga motor. Kali ini kita akan membahas tentang hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengajak anak balita mudik menggunakan motor.

Mudik menggunakan motor memang murah meriah karena Anda hanya perlu menyiapkan bensin dan juga bekal makan. Namun ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk mudik naik motor.

Dari keseluruhan 12 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Saat Mudik Bersama Si Kecil, ada beberapa yang benar-benar penting yang harus Anda perhatikan saat mudik naik motor, seperti yang ada di bawah ini.

Yuk, kita langsung simak bersama:

1. Gunakan Perlengkapan Berkendara

Jika Anda mudik dengan perjalanan yang cukup jauh, sebaiknya Anda menggunakan perlengkapan berkendara agar keselamatan lebih terjaga. Contohnya seperti helm yang SNI, jaket, kaos kaki, kaca mata, dan juga masker.

Ini akan melindungi Anda dari panasnya sengatan matahari, dan juga melindungi kepala Anda jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, itulah mengapa Anda harus menggunakan helm yang berstandar  SNI.

2. Kurangi Barang Bawaan

Seperti yang di katakan oleh Siswanto saat diwawancara berkaitan dengan mudik menggunakan motor beberapa waktu yang lalu.

“Memang sebaiknya pengendara motor untuk perjalanan jauh, tidak perlu membawa banyak barang bawaan. Cukup gunakan tas punggung untuk kemudahan bermanuver,” ucap Siswanto, safety riding instructor Wahana Honda dilansir dari Kompas.com (23/6/2017).

Jangan membawa barang yang kurang penting. Ini akan membuat Anda kesusahan untuk bergerak dan bisa berbahaya untuk keselamatan Anda serta keselamatan pengendara lain.

Bawalah barang-barang yang benar-benar dibutuhkan, seperti baju panjang anak, mainan kecil, pampers, dan juga P3K kecil.

3. Hindari Mudik Menaiki Motor Jika Isteri Hamil Muda

Hamil muda tentu saja sangat rawan, kandungan yang masih muda cenderung lebih sensitif karena janin belum melekat secara keseluruhan dengan kuat di rahim. Jadi sebaiknya jika perjalanan cukup jauh, urungkanlah niat Anda untuk mudik menaiki motor.

Anda bisa menggunakan kendaraan lainnya. Demi keselamatan bayi dan isteri Anda. Dokter juga sudah menghimbau bahwa wanita yang hamil muda lebih bisa berisiko mengalami keguguran jika janin di rahim mengalami guncangan yang keras.

4. Mematuhi Semua Aturan Lalu LIntas

Agar perjalanan lancar, tidak terkena tilang dan sebagainya. Sebaiknya Anda selalu mematuhi peraturan lalu lintas. Melanggar aturan adalah hal yang sangat tidak patut dilakukan.

Beberapa aturan yang paling sering dilanggar adalah menerobos lampu merah, ini bukan saja berbahaya tapi juga tidak taat pada peraturan yang ada. Anda bisa kena sanksi oleh polisi bertugas. Selain membuang waktu, Anda juga akan rugi karena harus membayar sanksi pelanggaran tersebut.

5. Istirahat di Tempat yang Nyaman

Saat Anda menempuh perjalanan yang jauh, Anda harus sering beristirahat terlebih lagi jika Anda merasa capek dan mengantuk. Ini demi keselamatan Anda dan pengendara lainnya.

Istirahat di tengah perjalanan mudik benar-benar mempengaruhi angka kecelakaan, karena setelah istirahat tentu saja Anda akan merasa segar kembali dan semangat untuk melanjutkan perjalanan.

Meskipun mudik menggunakan motor terbilang kurang nyaman dan aman, nyatanya masih banyak pengendara yang memilih motor sebagai kendaraan saat mudik. Penting sekali bagi Anda yang akan mudik menggunakan motor, lakukan pengecekan pada motor, servis secara berkala agar perjalanan mudik Anda lancar dan selamat sampai tujuan.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa pantau artikel yang selanjutnya ya, akan ada banyak informasi penting lainnya.

Source image  https://2.bp.blogspot.com/-tnmRjJSQDuU/WUN7aIjkORI/AAAAAAAAY8E/lOegSeR3FmsFq8TvTp3NOfNJ6cfsa1znQCLcBGAs/s640/Mudik_2016_04.jpg