Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengajak Balita Mudik Naik Pesawat

0
168
mudik naik pesawat

Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Setelah selesai berpuasa, memasuki Hari Raya, kebanyakan orang akan melakukan perjalanan mudik. Terlebih lagi orang yang harus mudik menggunakan pesawat. Tentu sudah mempersiapkan tiket jauh-jauh hari sebelum hari H.

Namun, jika Anda memiliki balita, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ya terutama untuk Anda yang mudik menggunakan pesawat. Meskipun terkesan lebih ribet, tapi ini adalah hal yang memang harus benar-benar Anda perhatikan.  Agar perjalanan lancar dan balita merasa nyaman saat perjalanan jauh.

Ada lebih dari 12 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Saat Mudik Bersama Si Kecil. Namun, di sini hanya akan dibahas beberapa saja. Hal yang lebih diprioritaskan dan perlu Anda perhatikan.

Yuk langsung saja simak bersama:

1. Membawa Baju Panjang

Di pesawat tentu saja keadaan akan lebih dingin. Selain berada di atas awan, juga kabin yang berAC menambah suasana semakin dingin. Anda harus membawa baju panjang atau piyama kesayangan anak Anda.

Hal ini bertujuan agar anak Anda tidak mengalami insomnia akibat dinginnya keadaan di pesawat. Anak juga merasa lebih hangat dan lebih nyaman jika menggunakan baju panjang.

2. Membawa Beberapa Camilan untuk Anak

Jika diizinkan, Anda bisa berinisiatif membawa beberapa camilan ringan untuk anak Anda. Biasanya makanan di dalam pesawat terbilang mahal dan kandungannya tidak sepenuhnya baik untuk anak balita.

Namun, tetap jaga kebersihan sekitar ya, hindari membawa minuman karton yang tidak bisa ditutup kembali. Kawatir tumpah saat tersenggol si kecil.

3. Membawa Mainan Kesukaannya

Agar anak Anda tidak bosan selama perjalanan di atas awan, Anda boleh membawakannya beberapa mainan kecil favorite miliknya. Contohnya seperti boneka kecil, buku gambar, atau beberapa permainan lainnya.

Selama tidak mengganggu kenyamanan orang lain, tentu tidak ada salahnya Anda membawa mainan tersebut ya.

4. Menyediakan Permen

Saat pesawat lepas landas, biasanya orang dewasa akan diberi minuman dengan rasa asam agar Anda terpancing untuk menelannya dan telinga akan sedikit terlindungi dari tekanan saat pesawat lepas landas.

Namun, bagi anak balita sebaiknya Anda beri permen saja. Selain permen ini lebih disukai anak kecil, pencegahan sakit telinga juga bisa lebih efektif.

5. Membawa Popok Bayi

Anda harus selalu menyediakan popok bayi, karena udara yang lebih dingin biasanya membuat anak balita lebih mudah buang air kecil. Jangan lupa untuk meletakkannya di tempat yang mudah Anda raih.

6. Persiapkan Perlengkapan Bayi Lainnya

Saat di pintu keluar pesawat, Anda tentu tidak langsung mendapatkan tas dan koper Anda. Semua melalui proses pengambilan di tempatnya sendiri, jadi Anda harus memperhitungkan membawa gendongan atau kereta bayi secara terpisah.

Supaya saat Anda keluar dari pintu pesawat, Anda masih bisa menggunakan dua benda ini untuk membawa si kecil.

7. Berangkat Lebih Awal

Jangan sesekali berangkat ke bandara mepet waktu. Ini akan menyebabkan Anda terburu-buru, akhirnya ada beberapa benda atau hal yang Anda lupakan.

Terlebih lagi jika Anda membawa barang yang banyak dan juga balita yang Anda gendong. Tentu akan sangat melelahkan dan membuat Anda sedikit tertekan.

Selalu waspada saat lepas landas dan juga landing karena keseimbangan sangat terganggu. Jadi usahakan anak berada di dekapan Anda ya. Selain itu, saat keluar dari pintu pesawat juga hal yang harus diperhatikan, jangan sampai Anda kehilangan anak Anda karena banyaknya orang yang lalu lalang.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa pantau artikel yang selanjutnya ya, akan ada banyak informasi penting lainnya.

Source image  https://cdn.jitunews.com/dynamic/article/2015/07/16/17776/VoGSSg5S3k.jpg?w=630