Ide Menu Buka Puasa Anak Selama Sepekan

0
111
menu buka puasa

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia, oleh sebab itu setiap orang memiliki cara tersendiri untuk menyambutnya. Bagi seorang ibu, menyiapkan menu yang tepat untuk berbuka dan bersahur adalah salah satu kontribusi dalam menyemangati anggota keluarga dalam menjalankan ibadah puasa.

Anak adalah Masa Depan Kita oleh sebab itu ajarkan hal-hal baik di masa pertumbuhannya salah satunya adalah berpuasa. Berbuka puasa tidak kalah pentingnya dengan bersahur. Oleh sebab itu, kita perlu menyiapkan beberapa menu yang tepat khusus untuk si kecil saat berbuka puasa. Tentu akan menambah semangat si kecil untuk berpuasa keesokan hari.

Bunda bisa mengandalkan menu di bawah ini seperti yang dikutip oleh Hafizfansclub.com:

1. Chicken Cup Cake

Cup cake mungkin sudah sangat biasa, selain itu makanan manis seperti cup cake cocoknya untuk makanan penutup. Tapi bagaimana jika cup cake ini divariasikan menjadi chicken cup cake? Tentu akan membuat si kecil antusias ingin mencoba sesuatu yang baru. Sangat sesuai untuk pembuka puasa di hari pertama.

Bunda hanya perlu menyiapkan bahan utama ayam suwir, keju mozzarella, kubis, roti tawar. Jika Anda ingin menambahkan sayur, Anda bisa menggunakan sedikit kubis dicincang, daun bawang, dan brokoli rebus sebagai pelengkapnya.

2. Nasi Bento Yummy

Nasi bento bisa menjadi sajian berbuka puasa yang tepat di hari kedua untuk si kecil. Motif dan bentuknya yang menarik membuat si kecil bersemangat saat berbuka. Tentunya nasi bento juga memiliki banyak kandungan gizi yang dibutuhkan oleh anak Anda.

Bahan yang perlu disiapkan yaitu nasi yang sudah dicetak dengan berbagai bentuk kesukaannya. Boleh menggunakan nasi kuning maupun nasi putih, untuk lauknya Bunda bisa menggunakan mie goreng, ayam goreng, nugget, kripik bayam, kripik brokoli, atau sayur kesukaan lainnya. Tentu akan menambah semangatnya dalam berpuasa.

3. Pangsit Rebus dengan Kuah

Pangsit dengan kuah bisa menjadi alternatif hari berikutnya terlebih lagi jika si Kecil seorang penyuka kuah. Ini tentu akan membuatnya semakin bersemangat menunggu waktu berbuka.

Untuk membuat sajian ini Bunda membutuhkan beberapa lembar kulit pangsit, gula, garam, merica, dan kaldu ayam untuk campuran kuahnya. Isiannya Anda bisa menggunakan udang atau ayam cincang. Anda bisa menambahkan daun bawang ke dalam kuahnya untuk menambah kesegaran. Ini pasti akan cepat mengembalikan tenaga yang hilang saat berpuasa.

4. Sate Homemade

Bunda bisa membuat sate kesukaannya di hari berikutnya, jika anak suka sate ayam, Bunda cukup menyediakan ayam. Tusuk semua daging ayam setelah itu  siapkan kecap untuk dioleskan saat membakarnya.

Namun jika si Kecil lebih suka ikan salmon yang kaya dengan omega 3, Bunda bisa mencoba memanggangnya kemudian menusuknya satu persatu yang sebelumnya sudah Anda potong berbentuk dadu. Untuk pelengkapnya Anda bisa meletakkan mayonis di sampingnya.

5. Sup Jagung Penyegar Tubuh

Saat berbuka puasa sebaiknya siapkan hidangan yang mampu mengembalikan tenaga. Salah satunya seperti sup jagung, ini bisa menjadi menu berbuka puasa di hari keenam. Bunda cukup menyiapkan jagung manis yang sudah diparut, dan semua bahan membuat sup lainnya, bedanya kita perlu menambahkan ayam suwir dan juga tepung sagu.

6. Semangkuk Kebahagiaan

Di hari keenam Bunda bisa membuat semangkuk kebahagiaan yang berisi potongan ayam dan nasi. Ditambah dengan bahan lainnya seperti bawang bombay, brokoli, gula merah, tepung terigu, dan disajikan menggunakan mangkuk cantik.

7. Chicken Popcorn

Popcorn jagung tentu sudah biasa, tapi bagaimana jika Anda membuat variasi yang berbeda menggunakan ayam. Di hari yang ketujuh bisa menjadi hari special untuk si Kecil. Menikmati chicken popcorn setelah sehari berpuasa.

Semoga bermanfaat, dan selamat menjalankan ibadah puasa. Terima kasih, jangan lupa pantau artikel yang selanjutnya ya, akan ada banyak informasi penting lainnya.