Ide Menu Pilihan untuk Sahur Si Anak Selama 7 Hari

0
400
menu sahur

Hai Bunda,

Selama bulan Ramadhan, mungkin ada diantara para Bunda yang justru rela merogoh kocek demi membeli kulkas buat menyimpan berbagai makanan agar saat sahur tidak kebingungan mencari makanan ya. Selain menghemat agar tidak selalu beli di luar, cara ini juga lebih sehat karena kita sendiri yang mengolah makanan tersebut.

Nah, selain itu Bunda juga harus mulai mempersiapkan menu andalan Makanan dan Minuman untuk Menu Sahur dan Berbuka. Terutama jika Bunda memiliki buah hati yang masih kecil yang sedang ingin belajar berpuasa. Sebagai orangtuanya harus bisa mengajarkan si kecil berpuasa tentunya ini akan membuat si kecil paham dengan rukun islam yang ketiga.

Sebaiknya pilih menu yang paling disukai si anak, karena ini akan menambah semangat si anak dalam menjalani ibadah puasa. Termasuk memudahkan si anak untuk bangun dari tidurnya. Bagaimana tidak, anak yang melihat makanan kesukaannya ada di meja tentu dia tidak sabar untuk menyantapnya.

Jika suatu hari saat si anak berpuasa dan dia mulai merasa lapar sebaiknya ajak si anak melakukan aktivitas ringan lainnya agar dia lupa dengan rasa laparnya.

Coba Bunda lihat di bawah ini, mungkin ada salah satu menu di bawah yang merupakan menu kesukaan si kecil. Ini bisa dicoba saat makan sahur ya.

1. Perkedel Kornet

Sebagian besar anak-anak sangat menyukai perkedel. Jarang yang menolak jika disuguhkan menu ini. Membuatnya pun mudah, Anda bisa menjadikannya menu di hari pertama. Jika Anda tidak memiliki kornet Anda bisa menggantinya dengan kentang saja. Anda hanya perlu menyiapkan kentang, kornet, telur, minyak, dan seledri.

2. Chicken Katsu

Anak kecil sangat menyukai makanan yang berbau ayam. Mungkin Anda bisa mencoba menu chicken katsu di hari kedua. Anda hanya perlu menyiapkan ayam yang sudah di fillet, tepung terigu, tepung roti, telur, dan gunakan perasan jeruk lemon untuk menambah kesegaran.

3. Nugget Tahu dan Sayur

Hari ketiga, nugget juga menjadi salah satu menu andalan yang tidak pernah ditolak oleh anak kecil. Tentu bagi Anda yang memiliki anak tidak suka sayur Anda bisa menggunakan cara ini. Masukkan sayur-sayuran ke dalam nugget Anda. Anda hanya perlu menyiapkan tahu putih, wortel, daun bawang, telur, tepung terigu, tepung roti, dan juga bawang bombay jika suka.

4. Nasi Goreng

Di hari keempat yang paling mudah adalah nasi goreng. Anda hanya perlu menyiapkan bumbu dasar seperti bawang merah dan bawang putih, agar ada variasi dan menarik nafsu makan si kecil bisa tambahkan ayam cincang dan juga telur. Sawi, daun bawang, dan kecap asin juga boleh Anda tambahkan jika suka.

5. Omelet

Menu yang bisa Anda buat di hari ke lima adalah omelet. Anda hanya butuh telur, dan beberapa sayur pelengkap lainnya seperti brokoli dan keju.

6. Ayam Kecap

Ayam kecap di hari keenam pasti sangat cocok karena menu yang berkuah tentu membuat si kecil lebih bersemangat ditambah dengan ayam kesukaannya.

7. Telur Ceplok

Sebagian anak kecil ada yang lebih memilih makan dengan telur teplok dan juga kecap. Tidak ada salahnya jika Anda menyiapkan menu ini di hari ketujuh. Selain kaya dengan protein, telur juga baik untuk pertumbuhan anak Anda lho.

Semoga bermanfaat, dan selamat menjalankan ibadah puasa ya Bunda. Terima kasih, jangan lupa pantau artikel yang selanjutnya ya, akan ada banyak informasi penting lainnya.