Jangan Anggap Remeh, Ini Daftar Kewajiban Orangtua Terhadp Anak

0
208
kewajiban orangtua

“Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mengkhianati (amanat) Allah dan Amanat Rasul, dan janganlah kalian mengkhianati amanat-amanat yang diamanatkan kepada kalian, sedangkan kamu mengetahui.” (Q.S Al Anfal: 27)

Anak adalah amanat, berarti di dalamnya ada tanggung jawab orangtua untuk menjaga amanat tersebut. Selain itu, dalam fase tumbuh kembangnya, peran orangtua sangat penting untuk membentuk karakter anak sejak dini. Karena, anak-anak yang memiliki akhlaqul karimah (berakhlaq yang baik) tidak serta merta ada dalam diri anak tapi perlu untuk ditumbuhkan. Sehingga mereka tumbuh menjadi pribadi berkarakter dan siap menghadapi kemajuan jaman.

Di sini, peran orangtua tidak hanya sekedar mengasuh anak, melainkan juga memenuhi kewajiban-kewajibannya sebagai orangtua. Nah, apa saja kewajiban orangtua terhadap anak? Yuk simak penjelasan berikut:

1. Memberi kasih sayang

Islam mengajarkan agar setiap orangtua mendidik anak dengan penuh kasih dan sayang. Hal ini seusai yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW bahwa beliau selalu mengedepankan kasih sayang saat mendidik anak-anaknya dan sangat menghindari berkata kasar atau berbuat kasar terhadap anak.

2. Memberi pendidikan yang baik

Peran keluarga, khususnya orangtua sangat menentukan pendidikan anak. Karena keluarga adalah madrasah pertama bagi anak-anak. Apa yang anak dapatkan di keluarga akan melekat pada diri anak bahkan hingga ia dewasa.

3. Memberi bekal agama

Bekal agama perlu ditanamkan dalam diri anak sejak dini. Peran Ayah dan Bunda dalam hal mengajarkan agama secara tepat kepada anak. Agama adalah fondasi bagi anak untuk menghadapi dunianya saat tumbuh dewasa dan menghadapi dunia luar yang jauh dari keluarga.

4. Menjadi tauladan yang baik

Orangtua adalah cerminan bagi anak. Ya, karena anak sangat pandai menjadi peniru apa yang dilihat dan dirasakan indra-nya sejak ia kecil. Jika Ayah dan Bunda menginginkan mempunyai anak yang sholeh, berakhlak mulia, dan berkarakter islami, tentu orangtua perlu memberinya contoh. Ini tentu akan jauh lebih baik diserap oleh anak dibanding hanya pengetahuan yang disampaikan secara lisan kepada anak, kamu harus melakukan A atau B, dan tidak boleh melakukan C atau D.

5. Kenalkan pada aturan

Karena kita hidup di dunia yang mempunyai aturan agar bisa saling menghormati yang lain, anak-anak perlu dikenalkan pada aturan sejak dini. Misalnya aturan-aturan sederhana seperti melakukan ibadah, memahami aturan di sekolah, dan sebagainya.

6. Tidak perlu menuntut anak

Anak-anak lahir bukanuntuk melaksanakan misi orangtua yang tidak bisa kita lakukan. Dalam kata lain, keinginan kita tidak bisa kita paksakan agar dapat dilakukan oleh anak. Jika kita telah memberi meeka bekal yang baik, biarkan anak memilih dan peran orangtua adalah mengarahkan pada kebaikan.

7. Bersikap adil

Menjadi orangtua dari dua atau lebih anak tentu tak mudah untuk bersikap adil pada mereka. Namun, yang perlu diingat bahwa tidak perlu ada perbedaan atau bersikap pilih kasih terhadap anak. Apalagi jika masing-masing anak mempunyai karakter yang berbeda. Sadari bahwa setiap anak itu unik.

8. Membangun interaksi yang baik

Sesibuk apapun orangtua, setiap harinya perlu untuk menyisihkan waktu untuk berinteraksi dengan anak. Ini untuk meningkatkan kedekatan anak dan orangtua.

9. Ayah dan Bunda harus kompak

Dalam mendidik anak, Ayah dan Bunda perlu kompak dalam memberlakukannya terhadap anak. Jangan sampai anak menjadi bingung harus bersikap karena perbedaan pendapat orangtua dalam menerapkan aturan atau bersikap pada anak.

10. Rewards and punishment

Jangan pelit memberi penghargaan pada anak agar mereka terus termotivasi melakukan kebaikan. Meskipun hanya sekedar pujian. Namun, sesekali hukuman juga perlu diterapkan agar anak-anak tahu bahwa ada aturan yang telah disepakati yang mereka langgar. Yang perlu diingat, hindari kata-kata negatif dan kekerasan dalam menerapkan punishment terhadap anak.

11. Ajarkan kemandirian

Agar anak tidak terlalu bergantung pada orangtua, ajarkan mereka kemandirian sejak kecil. Kadang orangtua kebablasan melindungi anak hingga bersikap kelewat protektif. Ini menghambat anak-anak belajar mandiri agar siap menghadapi waktu ke depan ketika ia jauh dari orangtua.

12. Gaya hidup sederhana

Anak akan meniru gaya hidup orangtuanya. Oleh sebab itu, orangtua jangan berlebihan dalam memberikan sesuatu pada anak.

13. Empati

Tumbuhkan empati pada diri anakdan tunjukan pada mereka bahwa apa yang mereka lakukan dapat bermanfaat bagi yang lain.